Musrenbang Kelurahan Sedanau Dilakukan di Gedung Serba Guna Kecamatan Bungbar

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat Tahun 2023 yang diadakan di gedung Serba Guna Kecamatan Bunguran Barat. Selasa 24/1/2023 Pagi.

Kilasriau.com, Natuna - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat Tahun 2023 yang diadakan di gedung Serba Guna Kecamatan Bunguran Barat. Selasa 24/1/2023 Pagi.

Dalam kesempatan itu Darmajaya, Lurah Kelurahan Sedanau dalam sambutan nya mengatakan Musrenbang ini adalah amanah Pemerintah, mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga Kabupaten.

"Musyawarah ini memang sudah tidak asing bagi kita. Namun, harus tetap kita lakukan meskipun banyak masyarakat yang mengeluh karna, usulan yang mereka usulkan tidak terealisasi," kata Darmajaya.

"Pihak Kelurahan sudah berusaha mengundang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bapak Marzuki dan Bapak Wan Ricci Saputra untuk hadir dalam acara Musrenbang kali ini. Akan tetapi, beliau berhalangan hadir. Karna, ada hal penting yang tidak bisa beliau tinggal kan. Namun, beliau berpesan segala sesuatu yang diprioritaskan di tahun dulu yang belum terealisasi harus terus diusulkan dan diprioritaskan ditahun ini ," tambahnya.

Lebih lanjut lagi Darmajaya menyatakan bahwa usulan dari Tahun dulu hingga Tahun sekarang hampir sama persis, tidak ada bedanya, hanya ditambah dengan beberapa usulan yang baru.

"Usulan Tahun 2022 dulu belum semuanya terealisasi, dari 10 yang di Prioritaskan hanya terealisasikan cuman 2, dari sekian banyak usulan yang diusulkan, tapi ya syukur kita masih mendapatkan, " terangnya.

"Seperti kita ketahui kita masih dalam keterbatasan anggaran. Walaupun kita keterbatasan anggaran, akan tetapi pemerintah Daerah sudah mengupayakan untuk memenuhi keinginan masyarakat meskipun tidak semua nya terpenuhi," sambungnya.

Sementara itu ada 11 usulan yang diprioritaskan dalam Musrenbang Tahun 2023 ditingkat Kelurahan :

1. Lanjutan semenisasi Jl Pasir Marus,

2. Lanjutan pembangunan Jl. Ra Kartini,

3. Peningkatan Jl. Panglima Hujan,

4. Pembangunan pelabuhan penyeberangan seminteh RT 03 RW 07,

5. Peningkatan Jl. Di Ponogoro,

6. Pembebasan lahan TK 002 Negeri Bunguran Barat,

7. Pengadaan Mobil Mini Damkar dan mobil tanki air,

8. Pembangunan Gedung pertemuan Kelurahan Sedanau,

9. Pembangunan Pelabuhan Nelayan Penyong,

10. Pengadaan Dental unit Puskesmas Sedanau, dan

11. Peningkatan Jl. Sunaryo.

Ditempat yang sama, Khaidir Camat Bunguran Barat mengawali kata sambutannya dengan sebuah pantun :

Bukan batang sembarang batang.
Batang Rambutan batang Durian.
Bukan datang sembarangan datang.
Datang untuk mengikuti Musrenbang.

"Kegiatan Musrenbang kita pada hari ini awal pelaksanaan program kegiatan terkait dengan pembangunan - pembangunan yang ada Kelurahan atau pun di Desa - Desa, dengan mengucapkan Bismillah Hirrahmanirrahim kegiatan Musrenbang Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat ini secara resmi dibuka," kata Khaidir.

"Ini memang mesti kita lakukan. Tanpa Musrenbang ini, kegiatan - kegiatan pembangunan tidak akan masuk. Terealisasi atau tidak nya usulan yang diusulkan memang harus diadakan musrenbang. Karna, kegiatan apa pun itu yang menggunakan APBD, harus kita lakukan Musrenbang," jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Musrenbang tersebut, Khaidir Camat Bunguran Barat, Sekcam Bunguran Barat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Babin Potmar, Ketua RT, RW, dan Kepling serta masyarakat Kelurahan Sedanau.






Tulis Komentar