Bersempena HKN Ke-54

RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Luncurkan 2 Aplikasi

Simulasi Sistem Pendaftaran Online.

PEKANBARU, KILASRIAU.com - Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, RSUD Petala Bumi Provinsi Riau meluncurkan dua aplikasi yaitu Aplikasi Simpati (Sistem Informasi Ketersediaan Tempat Tidur) dan Sitaro (Sistem Pendaftaran Online).

SIMPONI adalah Aplikasi yang bersifat Front-end  yang dapat digunakan oleh semua puskesmas yang bekerja sama dengan RSUD Petala Bumi Provinsi Riau. Simponi ( Sistem Informasi Rujukan  Ponek Terintegrasi)  adalah aplikasi berbasis web (web-based) yang berguna untuk memudahkan  puskesmas dalam melakukan  rujukan berencana dalam satu wilayah kabupaten, kotamadya atau provinsi.

SIMPATI adalah Sistem Informasi Ketersediaan Tempat Tidur. Sistem ini dikembangkan atas dasar kebutuhan yang ada, yaitu memonitor ketersediaan tempat tidur di RSUD Petala Bumi dan memberikan informasi tersebut secara cepat dan akurat kepada masyarakat melalui internet. SIMPATI sudah tersedia dalam bentuk website dan aplikasi android.

Adapun inovasi terbaru dari RSUD  Petala Bumi adalah SITARO. SITARO merupakan sistem yang dibuat berbasis web yang dapat diakses melalui browser dan aplikasi android SITARO. SITARO dapat mengakomodasi proses pendaftaran pasien baru, pasien lama, pencetakan tiket pendaftaran dan pencarian jadwal dokter. Selain itu juga mengakomodasi proses verifikasi pendaftaran oleh administrator pendaftaran.

RSUD Petala Bumi merupakan rumah sakit yang sedang berkembang dan sedang berusaha untuk meningkatkan pelayanan serta kualitasnya. Proses pendaftaran bagi pasien rawat jalan merupakan salah satu pelayanan yang sangat penting. 

Oleh karena itu untuk mempermudah pasien dalam melakukan pendaftaran dan perjanjian kunjungan rawat jalan dengan berbagai poliklinik yang ada di lingkungan RSUD Petala Bumi. Maka RSUD Petala Bumi mengembangkan Sistem Informasi Pendaftaran Online (SITARO) untuk menjadikan proses pendaftaran rawat jalan menjadi lebih efektif dan efisien.

Foto: Aplikasinya sudah bisa didownload melalui android di Playstore.

Plt. Direktur RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dr. Eka Yuliartiningsih menjelaskan kepada awak media bahwa keberadaan aplikasi ini diharapkan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan dilingkungan RSUD Petala Bumi Provinsi Riau kita apresiasi inovasi yang dibuat oleh Kasubbag Perencanaan Program Dwiasto Kawijayan beserta Tim EDP.

“Kita selalu mengadopsi berbagai teknologi terbaru, meskipun mungkin Negara lain sudah terlebih dahulu merasakan apa yang kita rasakan sekarang. Tapi satu hal yang pasti perkembangan teknologi dalam kehidupan bisa kita katakan tiada akhirnya karena semakin banyak waktu yang kita lewati tampa kita sadari teknologi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita,” Eka Yuliartiningsih.

Ditambahkan Kepala Bagian Umum RSUD Petala Bumi Provinsi Riau, Indrawansyah, SE, M.Si pihaknya terus mendorong jajarannya untuk mengembangkan inovasi.

“Saya melihat rekan-rekan saya memiliki kompetensi dan kita support mereka untuk mengembangkan inovasinya keberadaan dua aplikasi ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi dari layanan selain dua aplikasi ini sebelumnya juga sudah pernah kita launching aplikasi Simponi untuk rujukan Ponek Terintegrasi,” ujar Indrawansyah.






Tulis Komentar