Bali Akan Siapkan 7 RS Rujukan Delegasi G20

Rumah Sakit Unud merupakan salah satu dari 7 Rumah Sakit yang ditunjuk Pemerintah Provinsi Bali Untuk Delegasi G20

KILASRIAU.com, - Pemerintah Provinsi Bali menyiapkan 1.320 bed di tujuh rumah sakit saat presidensi G20 yang akan dilaksanakan pertengahan November 2022 di Bali.

Adapun rumah sakit yang menjadi rujukan para delegasi, yakni di RS BIMC Nusa Dua, RS Udayana, RS Siloam, RSUD Bali Mandara, RSUP Prof Ngoerah, dan RS Bhayangkara.

"Sekarang kita tinggal melakukan simulasi aja, jadi untuk persiapan dari sisi kesehatan untuk G20 sudah siap semua. Baik dari pemeriksaan PCR, antigen di pintu masuk di hotel, kesiapan tenaga kesehatan, dan ambulans," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Nyoman Gede Anom, Sabtu, (29/10/2022)

Disinggung mengenai standar operasional saat adanya kondisi gawat darurat, ia menjelaskan bahwa di setiap tempat acara dan hotel akan disiapkan mini ICU.

"Di tempat acara ada 4 mini ICU yang di Hotel Kempinski, dan di GWK saat puncaknya ada 23 klinik, dan 13 unit ambulans di sekitar lokasi yang bisa gerak cepat," jelasnya.

Menurut Anom, selain mempersiapkan fasilitas kesehatan, timnya juga menyiapkan tenaga kesehatan khusus untuk perhelatan G20. Seperti dokter jantung, anestesi, dan dokter spesialis lainnya. Sedangkan untuk di masing-masing ambulans, terdapat dokter umum dan perawat.

"Khusus delegasi level satu, kita ada tim kesehatannya ada sendiri. Termasuk fasilitas ICU di setiap tempat nginepnya ada, dan benar-benar lengkap," katanya. 

 






Tulis Komentar