Penumpang Pesawat Lion Air Sudah Mendarat di Soetta Pasca-Insiden Nabrak Tiang di Bengkulu

Sayap pesawat Lion Air rusak setelah menabrak tiang koordinat Bandara Bengkulu.

BENGKULU, KILASRIAU.com – Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, maskapai Lion Air dengan kode penerbangan JT-633 yang mengangkut tujuh kru pesawat dan 143 penumpang telah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat registrasi PK-LHM serta kru yang berbeda.

Di mana pesawat mengudara sekira pukul 22.48 WIB dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dan sudah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sekira pukul 23.50 WIB, pada Rabu (7/11/2018).

''Tujuh kru pesawat dan 143 penumpang telah diberangkatkan. Sekarang sudah mendarat,'' kata Danang, dalam keterangan yang di kutip KILASRIAU.com dari Okezone.

Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGY yang sedianya lepas landas pukul 18.20 dari Bengkulu dibatalkankan keberangkatan, jelas Danang, lantaran ujung sayap menyenggol tiang lampu koordinat landas parkir atau apron Bandara Fatmawati-Soekarno, sehingga mengalami kerusakan.

''Itu ketika pesawat bergerak menuju landas pacu atau runway,'' sampai Danang

Danang menjelaskan, pesawat digerakkan oleh pilot dengan panduan dan petunjuk serta tanda yang diberikan oleh petugas Aircraft Movement Control (AMC). Di mana petugas AMC tersebut merupakan personel dari pengelola bandara dan sedang diperiksa oleh pihak terkait.

''Petugas AMC sedang diperiksa oleh pihak terkait,'' sampai Danang.

Kronologi kejadian adalah, sekira Pukul 17.50 WIB, para penumpang mulai memasuki pesawat. Setelah dipastikan seluruh penumpang boarding, pesawat tersebut taxi out dari parkiran bandara menuju runway untuk take off.

Namun, saat ingin keluar dari parkiran 3, terdapat salah satu pesawat yang sedang terparkir tepatnya di depan gerbang VIP room. Di mana di lokasi tersebut terdapat tiang titik kordinat, sehingga saat melintasi areal tersebut bagian sayap langsung menyenggol tiang koordinat.

Akibatnya, tiang koordinat roboh. Begitu juga dengan bagian sayap sebelah kiri pesawat robek dengan ukuran cukup besar. Dampaknya, ratusan penumpang dengan jadwal penerbangan pukul 18.20 WIB tersebut ditunda keberangkatannya. Di mana calon penumpang tersebut di minta untuk kembali ke ruang tunggu bandara Fatmawati - Soekarno.






Tulis Komentar