RPU Bersama BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi Jamsostek Untuk Kaum Dhuafa

Ketua Umum Rumah Persatuan Umat (RPU) H Ikbal Sayuti bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD kabupaten Indragiri Hilir Dapil pemilihan II Mahendri, saat memberikan materi

KILASRIAU.com - Rumah Persatuan Umat (RPU) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, (BPJS) ketenagakerjaan  cabang Indragilir Hilir mengelar sosialisasi tentang Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) untuk para Kaum Duafa, bertempat di jalan Pendidikan Simpang Luar, kantor desa Simpang Gaung, kecamatan Gaung, kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (2/9/2022) sore.

Kehadiran Ketua Umum Rumah Persatuan Umat (RPU) H Ikbal Sayuti bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD kabupaten Indragiri Hilir Dapil pemilihan II Mahendri, kepengurusan RPU di sambut oleh masyarakat desa Simpang Gaung untuk mendengarkan sosialisasi Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) oleh BPJS ketenagakerjaan cabang Indragilir Hilir dan RPU.

Kepala desa Simpang Gaung Samsul,S.Si sangat menyambut baik kedatangan RPU H Ikbal Sayuti bersama BPJS ketenagakerjaan untuk mensosialisasikan program Jamsostek kepada kaum duafa.

"Saya atas nama Kepala Desa Simpang Gaung sangat apresiasi terhadap RPU yang begitu peduli kepada kaum duafa, untuk menjamin iuran BPJS ketenagakerjaan, ini adalah program yang sangat luar biasa, saya sangat mendukung," katanya.

Dengan adanya program RPU ini dengan jumlah penduduk di Desa Simpang Gaung kurang lebih 10.000 jiwa, mudah-mudahan para kaum duafa di sini dapat menerima program dari RPU.

"Saya sangat bersyukur karena di masa yang sulit ini, ada yayasan datang dari Jakarta (RPU-red) untuk mambantu meringankan beban kaum duafa, mudah-mudahan secepatnya terealisasi," ungkapnya.

Dalam sambutannya ketua umum Rumah persatuan umat (RPU) H Ikbal Sayuti mengatakan bahwa untuk membantu masyarakat terutama kaum duafa, RPU hadir berkerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan sosial. Terutama bagi kaum duafa yang berkerja apabila mendapatkan musibah kecelakaan dapat menerima bantuan dari BPJS ketenagakerjaan.

"Jadi kami dari RPU melihat kondisi masyarakat Kaum Duafa dengan itu sedikit membantu mereka apabila mengalami musibah, kecelakaan dan meninggal dunia dapat diklaim pihak ahli waris ke BPJS ketenagakerjaan," cetus H Ikbal Sayuti.

H Ikbal Sayuti juga mengatakan dengan iuran yang akan dikeluarkan oleh RPU selama dua tahun untuk para kaum duafa nantinya, yang akan diurus oleh tim-tim RPU di setiap desa.

"Jadi mengenai pendaftaran dan iurannya, ada sudah petugas RPU di desa-desa nantinya yang akan membantu, jadi masyarakat tinggal menunggu, ini lah program yang kita laksanakan mudah-mudahan progres kedepannya akan segera membentuk tim-tim relawan RPU di desa-desa sehingga dapat terlaksana secepatnya," imbuhnya.

H Ikbal Sayuti juga mengungkapkan, di mana RPU memastikan bahwa yang mendapatkan program BPJS ketenagakerjaan betul-betul orang yang sangat membutuhkan uluran tangan seperti kaum duafa yang di mana dalam kebutuhan sehari-hari masih menjadi persoalan.

"Kita sebagai rumah persatuan umat, betul-betul menyalurkan donasi yang sudah dipercayai oleh para dermawan kepada kaum duafa, jadi di sini tidak ada berpihak kemanapun, jadi betul-betul untuk para kaum duafa," tegasnya.

Sementara itu BPJS ketenagakerjaan cabang Indragilir Hilir Emil Febrianto Staf kepersertaan mengatakan bahwa Jamsostek dalam hal ini mempunyai program bersama Rumah persatuan umat (RPU) untuk mambantu masyarakat memiliki kartu Jamsostek untuk digunakan apabila terjadi sesuatu yang tidak dikehendaki, contoh  kecelakaan dalam berkerja maupun meninggal dunia.

"Jadi dari pihak RPU untuk mambantu masyarakat Kaum Duafa dengan cara gratis untuk mempunyai kartu Jamsostek dan menanggung beban iuran selama dua tahun," ungkapnya.

Ini program yang sangat luar biasa, RPU mampu berkolaborasi dengan BPJS ketenagakerjaan cabang Indragilir Hilir untuk kepentingan masyarakat.

"Jadi ibu bapak sangat bersyukur, karena kehadiran RPU mampu memberikan kontribusi yang sangat besar untuk umat, ini jarang terjadi ada Yayasan yang mau menjamin iuran BPJS ketenagakerjaan selama dua tahun kedepan. untuk membantu masyarakat yang kurang mampu atau Kuam duafa.

Untuk diketahui Dua program yang sudah MoU antara BPJS ketenagakerjaan cabang Indragilir Hilir dengan Rumah Persatuan Umat (RPU) jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian iuran Rp 16.800 perbulan.**






Tulis Komentar