Mahasiswa Kukerta UNRI Ikut Berkontribusi Dalam Tingkatkan UMKM Desa Sungai Cingam

KILASRIAU.com  - Salah satu program kerja yang diusung oleh mahasiswa kukerta UNRI adalah meningkatkan UMKM di Desa Sungai Cingam. UMKM yang diangkat adalah Kopi Tumbuk Mak Long, kopi tersebut merupakan kopi yang diproduksi dan diolah langsung dari tangan masyarakat yang ada di Desa Sungai Cingam tepatnya di Dusun Alohong Desa Sungai Cingam.

Kopi racikan ini dikoordinir langsung oleh Ibu PKK Desa Sungai Cingam yaitu Sarifah, S.Pd.i selaku ketua PKK Desa Sungai Cingam mengatakan, berterima kasih kepada mahasiswa kukerta UNRI yang ikut berkontribusi serta mendorong dan mempublikasikan Kopi Tumbuk Mak Long sebagai UMKM yang ada di Desa Sungai Cingam.

"Kehadiran Mahasiswa Kukerta membawa dampak yang baik khususnya dalam mengoptimalkan hasil produksi kopi sehingga dengan kontribusi ini dapat meningkatkan UMKM Desa Sungai Cingam".

Upaya yang dilakukan mahasiswa kukerta UNRI 2022 dalam meningkatkan hasil produksi kopi tumbuk Mak Long adalah memupgrade kemasan yang ada diproduk tersebut. Dengan mengubah packing dan memberikan stiker serta spanduk. Bambang Pamungkas sebagai ketua kukerta Universitas Riau berharap bahwa dengan ada nya perubahan kemasan serta pemberian label, masyarakat lebih bisa mengenal kopi tumbuk Mak Long serta mampu meningkatkan hasil penjualan tersebut.

"Upaya yang kami lakukan merupakan sebuah sinergitas dalam memajukan UMKM Kopi Tumbuk Maklong sehinggga baik masyarakat Desa Sungai Cingam sendiri maupun masyarakat luar mampu dapat mengetahui hasil UMKM dan juga turut dalam meningkatkan penjualan".Ujarnya






Tulis Komentar