Keikutsetaan Mahasiswa Kukerta Unri Dalam Kegiatan Proses Pembuatan Tahu

KILASRIAU.com  - Mahasiswa Kukerta Universitas Riau di Desa Dayo, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu ikut serta dalam proses pembuatan tahu di pabrik tahu yang ada di desa Dayo, Sabtu (30/7/) lalu.

Keikutsertaan mahasiswa Kukerta UNRI dalam proses pembuatan tahu ini merupakan kegiatan yang termasuk ke dalam program kerja mahasiswa sekaligus inisiatif mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan cara memberikan beberapa masukan untuk pekerja di pabrik tahu tersebut.

Kegiatan ini dilakukan dengan didampingi kepala Dusun desa Dayo dan mengatakan sangat mendukung atas kegiatan kunjungan dan keikutsertaan yang dilakukan mahasiswa kukerta UNRI agar mahasiswa kukerta UNRI juga dapat belajar dan memahami bagaimana kegiatan UMKM ini berjalan.

"Tahapan kegiatan proses pembuatan tahu diawali dengan perendaman kacang kedelai, kemudian meniriskan air serta menyalakan api untuk perebusan kacang kedelai yang sudah digiling. Setelah perebusan yang memakan waktu selama hampir 1 jam, kemudian didiamkan selama setengah jam agar bakal tahu mengendap dibawah. Akhirnya tahu akan dimasukkan kedalam cetakan persegi dan akan dipotong kecil yang kemudian setelah selesai semua prosesnya akan dipasarkan ke semua warung yang ada di desa Dayo," terangnya

Kegiatan pembuatan tahu yang termasuk dalam UMKM di desa Dayo ini sangat diharapkan oleh mahasiswa kukerta UNRI dapat berjalan dengan lancar agar pendapatan warga yang saling terkait dalam kegiatan ini (penjual dan pembeli) dapat meningkat.

"Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menambah wawasan serta meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa," imbuhnya.






Tulis Komentar