Akan Laksanakan Operasi Bibir Sumbing Gratis, dr Saud: Menjadi Agenda Tahunan

Kepala RSUD PH Tembilahan dr Saud Pakpahan

KILASRIAU.com - Pelaksanaan operasi bibir sumbing gratis yang ditaja Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada (RSUD PH) Tembilahan menjadi agenda tahunan.

Hal ini diungkapkan langsung Kepala RSUD PH Tembilahan dr Saud Pakpahan ketika dijumpai disela-sela kesibukannya. Sampai saat ini pembukaan pendaftaran yang ingin melakukan operasi bibir sumbing secara gratis ini sudah ada 17 orang.

"Artinya kegiatan ini merupakan Bhakti Sosial (Baksos) RSUD PH Tembilahan yang rutin dilaksanakan dan akan menjadi agenda tahunan, sebab RSUD PH Tembilahan sudah memiliki dokter ahli bedah mulut 2 orang. Namun karena dalam dua tahun terakhir masih dalam suasana pandemi covid-19 maka kegiatan ini tidak dapat terlaksana," ucapnya, Kamis (19/05/22)

Dikesempatan itu juga dr Saud Pakpahan menuturkan kegiatan ini akan menyesuaikan dengan momentum, namun diagendakan dalam minggu ke-3 bulan Juni mendatang. Sebab, pelaksanaan operasi bibir sumbing gratis ini tanpa batas umur tapi minimal diatas 3 bulan.

"Artinya berapapun yang datang itulah yang akan dioperasi. Jika anak yang masih kecil dilakukan operasi maka, ketika bersuara tidak lagi seperti yang kita dengar pada umumnya. Namun jika yang sudah bisa berbicara itu biar rapi dan tidak terlihat cacat. Akan tetapi jika kegiatan ini sudah selesai dan masih ada kita akan lanjut ke tahap ke 2. Untuk itu kita berharap semuanya yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik," harapnya.

Terakhir dr Saud Pakpahan mengingatkan proses pendaftaran hanya perlu membawa Kartu Keluarga (KK) dan KTP-Elektronik. Namun yang wajib yang perlu dipersiapkan KK

"Diharapkan peserta yang mendaftar untuk mengikuti operasi bibir sumbing. Harus membawa pendamping karena saat pelaksanaan Operasi ini akan memakan waktu selama 4 hari. Untuk itu proses yang akan dilakukan adalah sebagai berikut, hari pertama dilakukan sekrining atau pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui apakah seseorang berisiko lebih tinggi mengalami suatu masalah kesehatan atau tidak, hari ke dua sampai ke tiga dilakukan operasi, Jadi yang harus dibawa syarat nya Kartu keluarga (KK) dan KTP-Elektronik," pesannya.






Tulis Komentar