Pemerintah Kecamatan Reteh Gelar Sosialisasi Faham Radikalisme

Pemerintah Kecamatan Reteh Gelar Sosialisasi Faham Radikalisme

KILASRIAU.com  - Untuk menjaga kesatuan dan persatuan di Indonesia agar tidak terjadi perpecahan khususnya bagi penerus bangsa maka kecamatan Reteh menggelar Sosialisasi Deteksi Dini Faham Radikalisme dan Terorisme bagi Masyarakat di Aula Kantor Camat Reteh, Pulau Kijang,  (12/10/21).

Hal ini disebabkan beberapa kemungkinan, pertama, tiadanya kejelasan peta peran mereka dalam mengatasi masalah intoleransi, radikalisme dan kekerasan serta potensi menjadi terorisme. Mayoritas dari mereka telah disibukkan dengan kehidupan sehari-hari dan saat ini mereka fokus pada masalah pandemi virus Corona (COVID-19) implikasi ekonomi dan sosialnya. Kedua, masyarakat secara umum melihat bahwa upaya menangkal radikalisme dan kekerasan ini merupakan tugas utama pemerintah dan aparat keamanan.

"Oleh karena itu sangat penting sekali di gelar sosialisasi ini terkhusus untuk para generasi muda kita seperti siswa SMA, SMK, dan Aliyah
yang nantinya suatu saat akan menjadi pemimpin," kata Camat Reteh Reteh Abdul Pani yang diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Mustakim.

Dikatakan Sekcam Reteh Mustakim sosialisasi ini juga perlu peran serta seluruh intansi baik itu masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan yang mana harus lebih mengoptimalkan lagi penegakan hukum dan di media massa serta ranah maya atau syber patrol guna mencegah potensi intoleransi, radikalisme-kekerasan dan terorisme.

Sosialisasi tersebut berisi pembahasan dan perdebatan kritis, berbasiskan argumentasi-argumentasi hasil riset oleh tokoh masyarakat dan pakar ilmu sosial, humaniora dan keagamaan. Kemudian sosialisasi ini perlu menjelaskan bagaimana kohesi, modal sosial, gotong royong dan kerukunan sosial perlu diperkuat bukan hanya untuk mencegah radikalisme-kekerasan dan terorisme, melainkan juga untuk mendukung pembangunan ekonomi, sosial dan politik di era globalisasi yang semakin kompetitif.