Pebulutangkis Asal Kampar – Riau, Leani Ratri Terima Penghargaan dari Presiden

Pebulutangkis Asal Kampar – Riau, Leani Ratri Terima Penghargaan dari Presiden
Foto: Istimewa/diskominfosandi.kamparkab.go.id

Kilasriau.com, JAKARTA- Atlet Parabadminton (pebulutangkis) Indonesia asal Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Leani Ratri Oktila mencatatkan sejarah bagi Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020. Putri pasangan F Mujiran (65) dan Gina Oktila (53) kelahiran desa Siabu, Kecamatan Salo – 21 Syawal 1411 (6 Mei 1991), menjadi atlet Indonesia tersukses di paralimpiade itu karena berhasil meraih 2 medali emas dan 1 medali perak.

Medali emas pertama diraihnya pada ganda putri berpasangan berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah, pada Sabtu 26 Muharrom 1443 (4September 2021) berhadapan dengan pasangan ganda China - Cheng He Fang/Ma Huihui dari China sektor ganda putri. Medali emas kedua diraih Leani bersama Hary Susanto cabang olahraga (cabor) badminton ganda campuran, Ahad keesokannya 27 Muharrom 1443 (5 September 2021) menghadapi atlet pemain ganda campuran dari Prancis - Lucaz Mazur/Faustine Noel. Medali perak diraihnya didapatnya sebagai pemain tunggal putri berhadapan dengan tunggal putri China- Cheng He Fang

Prestasi Leani Ratri Oktila - atlet Puteri National Paralympic Committee (NPC) asal Kabupaten Kampar, Riau itu - menjadi perhatian Presiden RI – Ir. Joko Widodo. Pria Solo yang akrab disapa dengan pebasaan Jokowi itu memberikan penghargaan dan bonus mewakili pemerintah kepadanya. Informasi dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Kampar, menyebutkan penyerahan penghargaan dan bonus berlangsung di halaman belakang Istana Bogor- Jawa Barat (Jabar), Jum’at 10 Shofar 1443 (17 September 2021), hari ini.

Usai menerima penghargaan dan bonus, Leani Ratri Oktila menyerahkan satu di antara raket yang digunakannya saat bertanding di ajang Paralimpade 2020 kepada Presiden Jokowi sebagai kenang-kenangan. Dia juga meminta tanda tangan Presiden Jokowi di atas grip raketnya yang satu lagi untuk kenang-kenangan bersejarah bagi dirinya.