Gasebu Tuntaskan Pemeriksaan Mata Katarak Gratis Gelombang ke 5

Gasebu Tuntaskan Pemeriksaan Mata Katarak Gratis Gelombang ke 5

KILASRIAU.com  - Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU) Kabupaten Indragiri Hilir bersinergi dengan beberapa organisasi dan penggiat sosial yang ada di Kecamatan Tanah Merah dan Kecamatan Tempuling laksanakan kegiatan Gerakan Peduli Mata dengan menggelar Pemeriksaan Mata gratis, Minggu (18/07/21)

Dalam pelaksanaan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu dari hari Sabtu dan Minggu, tanggal 17 - 18 Juli 2021. Di Kecamatan Tanah Merah kegiatan dilaksanakan di Kantor Desa Tanah Merah dengan menggandeng Pejuang Subuh, Karang Taruna, Kukerta UNRI UMP UIN, Tahfiz Qur'an Nurul Jama'ah Kecamatan Tanah Merah. Sedangkan di Kecamatan Tempuling kegiatan dilaksanakan di Kantor Camat Tempuling bersinergi dengan TP PKK, TKSK, Karang Taruna dan PD PKH Kecamatan Tempuling.

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan Gelombang ke 5 dalam rentang waktu 5 bulan. Dan kegiatanya selama 2 hari untuk 2 Kecamatan dengan jumlah peserta kurang lebih sebanyak 414 peserta yang diperiksa dan yang direkomendasi untuk menjalani operasi sebanyak 132 pasien.

"Jadi setelah melakukan berbagai macam persiapan selanjutnya kita akan melakukan rekap dan pengecekan terkait kepemilikan BPJS peserta sebelum nanti kita berangkatkan untuk proses operasi di Rumah Sakit Mata PBEC Pekanbaru yang kita rencanakan dimulai satu minggu setelah lebaran Idul Adha. Tim yang bergabung selama 2 hari pelaksanaan kegiatan ini diantaranya dokter beserta tim dari Rumah Sakit PBEC Pekanbaru, Inisiator Gasebu Nahrawi, ketua Gasebu H Jalaluddin Husain beserta amggota, Ketua Emak Emak Gasebu Ema Wati beserta anggota. Korcam Gasebu Enok Misliyati," jelasnya.

Sementara itu Inisiator Gasebu Nahrawi mengatakan kegiatan ini merupakan wujud komitmen Gasebu terkait kesehatan masyarakat khususnya kesehatan mata, dan hari ini merupakan  pelaksanaan Gelombang Ke 5.