Sering Terjadi Musibah Kebakaran, Kepala Damkar Inhil Himbau Masyarakat Inhil Agar Tetap Waspada

Selasa, 12 Januari 2021

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Inhil Edi Wansasby

KILASRIAU.com -  Seringnya terjadi musibah kebakaran, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Inhil Edi Wansasby menghimbau kepada seluruh masyarakat Inhil agar selau berhati-hati saat hendak meninggal rumah.

"Karena kebakaran setiap waktu bisa saja terjadi meskipun kondisi saat ini musim penghujan kebakaran bisa saja terjadi. oleh karena itu kepada masyarakat saya harapan jangan lengah dan tetap waspada dengan memperhatikan beberapa poin penyebab kebakaran dirumah dan sumber penyebab kebakaran seperti dapur, puntung roko, lilin/ lampu colok/ pelita, instalasi kabel listrik, produk kimia, kecerobohan anak- anak, perangkat elektronik, pembakaran sampah, mesin ginset, beban stok kontak dan rumah tetangga," jelasnya.

Maka dari itu dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat terhadap penanggulangan ancaman bahaya kebakaran Damkar Kabupaten Inhil membentuk Satredkar( satuan relawan kebakaran) diwilayahnya masing-masing.

Lanjutnya, berpedoman pada pengalaman tahun 2020 terdapat 34 kali musibah kebakaran di Inhil. dan diawal tahun 2021 di bulan Januari sudah 2 kali terjadi kebakaran.

"Sebab itu tujuannya tidak lain untuk menjadikan kelurahan/ Desa siaga kebakaran dengan demikian tercipta sistim ketahanan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran serta dapat meminimalisir kebakaran, karena pilihan yang paling bijak adalah mencegah terjadinya bencana sebelum terjadi," tutupnya.