Program Pengembangan Kelapa Terpadu di Desa Sungai Gantang Mulai Terealisasi

Program Pengembangan Kelapa Terpadu di Desa Sungai Gantang Mulai Terealisasi

 

Pemkab Inhil melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir tengah merealisasikan Program Pengembangan Kelapa Terpadu yang pembiayaannya dari APBN dan APBD Kabupaten.

Program Pengembangan Kelapa Terpadu itu sendiri merupakan program dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perkebunan yang implementasinya tentang peremajaan Kelapa dan didukung dengan Kegiatan Pembangunan Trio Tata Air yaitu Tanggul Mekanik.

Peremajaan kelapa di Desa Sungai Gantang Kecamatan Kempas dengan luas lebih kurang 500 hektar merupakan program dari kementerian pertanian melalui Dirjen Perkebunan.

Tujuan dari peremajaan ini salah satunya ialah untuk membantu masyarakat dalam melakukan budidaya kelapa dalam dg dukungan saprodi sesuai dengan rekomendasi dan bibit unggul bersertifikat khusus di Sungai Gantang Kecamatan Kempas dan umum nya di Kab Inhi

Yang harus diperhatikan ialah trio tata air. Dan tak kalah penting juga Tanggul mekanik, pintu klep, dan saluran. Pada kegiatan yang sedang berjalan.

Dengan terlaksananya program peremajaan kelapa dalam seluas 500 Ha dan Tanggul Mekanik sepanjang 20 Km sebagai penunjang prasarananya, maka daerah ini ini bisa dijadikan percontohan kebun kelapa dalam sekaligus untuk menjawab pertanyaan tamu dari luar men

Hal ini juga sejalan dengan motto Bapak Bupati Inhil. Lokasinya yang berada di Pintu Gerbang Inhil menjadikan lokasi ini cukup strategis dan mudah diakses untuk dijadikan percontohan Kebun Kelapa Dalam di Inhil.