Tips Bagi Anda Yang Mabuk Kendaraan

Kamis, 04 Oktober 2018

KILASRIAU.com - Khawatir saat akan bepergian karena sering mual ketika di perjalanan? Itu berarti Anda memiliki suatu kondisi bernama “mabuk perjalanan”. Jangan takut, ada beragam cara mengatasi mabuk perjalanan dan langkah pencegahan atau cara agar tidak mabuk perjalanan. Bahkan ketika sudah mual pun Anda bisa segera lakukan cara menghilangkan mabuk perjalanan.

 

Mabuk perjalanan, atau bahasa Inggrisnya “motion sickness”, adalah perasaan yang dialami ketika gerakan yang dirasakan oleh telinga bagian dalam berbeda dengan gerakan yang Anda lihat dengan mata. Ini adalah kondisi umum yang dialami oleh beberapa orang yang bepergian dengan mobil, kereta, pesawat, atau kapal.

 

BAGAIMANA CARA MENGATASI MABUK PERJALANAN?

 

1. KENDALIKAN SITUASINYA

 

Kalau bukan Anda yang mengendarai mobil, biasanya Anda lebih riskan mengalami motion sickness. Pengendara kurang rentan mengalami mabuk perjalanan daripada penumpang, kemungkinan karena otaknya menggunakan perintah motoriknya untuk mengendalikan mobil dan dapat memprediksi gerakannya.

 

Dengan menjadi pengendara mobil, itu merupakan cara menghilangkan mabuk perjalanan. Tapi kalau Anda tidak bisa menyetir, sebaiknya duduklah di kursi depan dan lihatlah ke arah langit. Hal itu dapat memberikan rasa kendali yang lebih besar daripada duduk di kursi belakang.

 

Jika Anda terpaksa duduk di belakang, berupayalah mengobrol untuk mengalihkan perhatian Anda pada perjalanan. Bukalah jendela untuk mendapatkan udara segar dan jangan membaca apapun selama perjalanan.

 

2. KURANGI MAKAN

 

Perhatikan apa yang Anda makan dan minum sebelum dan selama perjalanan. Sebagai cara agar tidak mabuk perjalanan, hindarilah alkohol berlebih, merokok, dan makanan atau minuman yang tidak cocok dengan Anda atau yang membuat Anda merasa sangat kenyang.

 

Makanan yang berbau kuat, atau yang bikin kenyang, pedas, atau mengandung banyak lemak dapat memperburuk gejala mual atau motion sickness bagi beberapa orang.

 

3. PILIH POSISI TERBAIK

 

Berupayalah memilih tempat duduk yang paling sedikit pergerakannya. Pada pesawat, bagian tengah pesawat di samping sayap adalah area paling tenang. Pada kapal laut, orang-orang yang berada di kabin tingkat bawah dekat bagian tengah kapal umumnya mengalami lebih sedikit pergerakan daripada penumpang di kabin yang lebih tinggi atau di luar.

 

Selain itu, cara agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan menghindari penumpang-penumpang lain yang juga mengalami motion sickness. Mendengar orang lain bicara tentang mabuk perjalnaan atau melihat orang lain mengalaminya kadang bisa membuat Anda merasa mual juga.

 

4. SELARASKAN SINYAL SENSORIK ANDA

 

Cara mengatasi mabuk perjalanan selama di mobil yaitu dengan berbaring untuk membantu menyelaraskan sistem sensorik Anda. Selama di kereta, duduklah dengan posisi menghadap ke depan sehingga mata menyampaikan sinyal gerakan yang sama seperti yang dikirimkan oleh telinga bagian dalam.

 

Di samping itu, ketika bepergian dengan mobil atau perahu, akan membantu jika Anda fokus melihat pada langit atau pada suatu titik yang tetap. Semakin baik Anda menyelaraskan sinyal sensorik, maka semakin kecil kemungkinannya untuk mual.

 

5. BICARA DENGAN DIRI SENDIRI

 

Anda bisa meyakinkan diri sendiri untuk tidak menjadi mual. Sebuah penelitian menemukan bahwa “verbal placebo”—cukup dengan mengatakan kepada para pelaut bahwa mereka tidak akan mabuk laut—sudah efektif untuk cara menghilangkan mabuk perjalanan. Penelitian itu dibahas dalam jurnal berjudul “Seasickness as A Self-fulfilling Prophecy: Raising Self-Efficacy to Boost Performance at Sea.”

 

Tanamkan dalam pikiran sendiri sebelum bepergian dengan tegas mengatakan, “Saya tidak akan mual selama perjalanan ini,” atau gunakan cara-cara lain untuk meyakinkan diri sendiri. Anda juga bisa mempelajari teknik pernapasan untuk membantu cara mengatasi mabuk perjalanan ini.

 

6. KURANGI KEPEKAAN ANDA

 

Terapi desentisasi (mengurangi kepekaan) dapat berguna untuk cara agar tidak mabuk perjalanan. Caranya yaitu dengan sengaja melakukan sedikit kegiatan-kegi