Entaskan Kemiskinan Lewat Pendidikan Gratis Hingga Perguruan Tinggi

Genius Umar Paparkan Program Unggulan Pemko Pariaman

Genius Umar Paparkan Program Unggulan Pemko Pariaman
Wali Kota Pariaman, Dr H Genius Umar MSi

Kilasriau.com -- Sejumlah program unggulan diusung Dr H Genius Umar MSi sejak memimpin Kota Pariaman mulai tahun 2018 lalu. Program unggulan yang difokuskan pada pendidikan, sosial, infrastruktur dan pariwisata itu diharapkan bisa mengatasi berbagai masalah, mulai dari kemiskinan, kesehatan, pariwisata dan sebagainya.

"APBD Kota Pariaman memang kecil, tapi kami berusaha semaksimal mungkin agar APBD ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Makanya, program-program APBD ini kami fokuskan untuk sektor pendidikan, sosial, kesehatan hingga pariwisata," ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat berkunjung ke Kota Pekanbaru, Jumat (3/2/2023) akhir pekan kemarin.

Sementara itu, lanjut Genius, untuk pembangunan infrastruktur di Kota Pariaman, pihaknya berkolaborasi dengan pemerintah pusat melalui program-program kementerian. Salah satu contohnya pembangunan Pasar Pariaman sebesar Rp120 miliar yang dibangun melalui APBN.

"Banyak pembangunan di Pariaman yang dananya dari pemerintah pusat, seperti pembangunan jalan lingkar, water front city dan lainnya. Jadi, APBD bisa kita gunakan untuk pendidikan, kesehatan dan sosial yang bersentuhan serta bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Genius.

Genius menyatakan bahwa keterbatasan anggaran tidak boleh membuat pemerintah berhenti berinovasi dalam melayani masyarakat. Hal itu yang membuat dirinya terus mendorong OPD di lingkungan Pemko Pariaman agar selalu kreatif dan aktif menjemput dana pemerintah pusat. Salah satu caranya menyingkronkan program pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.