Tim Kukerta Unri Laksanakan Penanaman Biopori di Desa Pulau Banjar Kari

Tim Kukerta Unri Laksanakan Penanaman Biopori di Desa Pulau Banjar Kari

KILASRIAU.com  - Dalam rangka melaksanakan Tri Dharama Peguruaan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat, civitas akademik Universitas Riau (UNRI) melaksanakan kegiatan penanaman Biopori di Desa Pulau Banjar Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.
   
Secara umum kegiatan ini adalah untuk mempercepat penyerapan air ke dalam tanah agar tidak ada lagi air yang tergenang dan juga terhindar dari penyakit yaitu DBD atau demam berdarah, karena air tergenang adalah tempatnya pembiakan nyamuk.

"Kami dari KUKERTA UNRI 2022 membuat Biopori, fungsi dari Biopori adalah mempercepat penyerapan air ke dalam tanah yang dimana bertujuan untuk mengantispasi terjadi tetep serang bagi nyamuk untuk berkembang biaknya,"ucapnya.

Pada tanggal 21 juli tim membuat alat biopori dengan alat dan bahan 5 pipa dengan panjang 40 cm, penutup pipa sebanyak 10, dan bor tangan untuk membolongkan pipa, pada tanggal 1 agustus tim melaksanakan penanaman biaopori di rumah warga yang sering tergenang air.
  
Di pulau banjar kari lumayan banyak rumah-rumah warga yang tergenang oleh air hujan maka dari itu kami dari tim KUKERTA UNRI 2022 membuat program kerja unggulan yaitu Biopori.
  
“Semoga kegiatan yang sudah diberikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Riau dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Pulau Banjar Kari dan masyarakat luar,”ujar anggota KUKERTA UNRI 2022 di Desa Pulau Banjar Kari.