Camat Tempuling Berharap Angka Stunting di Kabupaten Inhil Bisa Ditekan Hingga Zero

KILASRIAU.com - Tepat pada hari ini tanggal 22 Februari 2020 seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Inhil melaksanakan 'Gerakan Satu Hati' yang di seponsori oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Kecamatan Tempuling Kabupaten Inhil-Riau yang salah satu nya melalsanakan kegiatan  'Gerakan Satu Hati' ini begitu disambut baik dan antusias masyarakat dalam mensukseskan acara tersebut.

Dalam kegiatan gerakan satu hati ini merupakan program pemerintah dan nasional penanganan stunting yang ada di Indonesia. Masyarakat kecamatan Tempuling sangat antusias sekali untuk pemeriksaan anak-anaknya, baik itu Anak TK, Keluarga Berencana, Ibu Hamil dan Penimbangan Berbondong-bondong datang ke Puskesmas.

Camat Tempuling Ridwan S.Sos M.Si menututurkan mengatakan bahwa Gerakan satu hati bertujuan untuk melaksanakan program pemerintah  khususnya program nasional  salah satu kegiatan adalah mencegah stanting , pemeriksaan ibu hamil , mencegah anak-anak kurang gizi dan lain-lain.

"Ini salah satu tujuan pemerintah kepada kita khususnya warga Negara Republik Indonesia, bahwa kegiatan ini dari semua posyandu, setiap bulan tetap melaksanakan kegiatan bagaimana menekan angka stunting. Untuk di ketahui di Kecamatan Tempuling ini ada 5 Desa dan 4 kelurahan dan 9 Posyandu, serta kader-kader cukup antusias dan setiap satu bulan sekali tetap melaksanakan baik penimbangan, imunisasi dan lain-lain," terang camat Tempuling.

Tidak lupa juga Camat Tempuling Ridwan mengucapkan terimakasih kepada pihak puskesmas dan masyarakat yang telah mensukseskan acara pada hari ini. Serta Terimakasih juga kepada Marles Syarif yang telah memberikan bantuan berupa makanan tambahan yang diberikan kepada anak-anak penimbangan.

"Terimakasih banyak yang tidak terhingga. Alhamdulilah kegiatan Gerakan satu hati Kecamatan Tempuling Tahun 2020 berjalan dengan baik, mulai dari tingkat Kecamatan khususnya tingkat kelurahan /desa serentak melakukan setiap posyandu, dan atas nama pemerintah kecamatan Saya ucapan selamat datang dan terkasih kepada Puskesmas dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara kini ini," ucap Ridwan.

Ridwan menambah kan "Semoga dengan adanya kegiatan ini kita dapat menekan angka stunting jika bisa mencapai dengan Zero yang ada di Kabupaten Inhil khususnya Kecamatan Tempuling. Dan bayi-bayinya sehat semua," tutupnya.

Selanjutnya Kepala UPT Puskesmas Sungai Salak, Syaiful Ahwan mengatakan bahwa di Kecamatan Tempuling ada 27 posyandu, kader-kader hari ini semua bergerak untuk menimbang dan mensukseskan gerakan satu hati. Karena, Ini program nasional yang harus tuntaskan dengan arahan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) bahwasanya stanting ini khususnya di Kabupaten Inhil kalau bisa di tekan serendah-rendah mungkin dan kalau bisa tidak ada lagi namanya stunting.

"Hal ini momentum kita, dan kedepannya langkah awal kita supaya untuk berupaya bisa mencegah stunting ini di Kecamatan Tempuling dan siap mensukseskan kegian ini untuk turun secara mengevaluasi dan secara intensif untuk melakukan kunjungan kerumah terhadap masyarakat yang ada kasus stunting," ucapnya.

Syaiful berharap kepada petugas ini merupakan suatu momentum berkelanjutan dan menindaklanjuti apa yang sudah di canangkan Bupati Indragiri Hilir (Inhil), yaitu gerakan satu hati, serta akan fowalp setidaknya untuk mencegah stunting yang ada di dalam Kabupaten Inhil khususnya di Kecamatan Tempuling

"Mudah-mudahan gerakan ini nantinya, angka stanting kita tekan serendah-rendahnya bisa kita capai dengan Zero," tutup nya.
 


Baca Juga