Mahasiswa Kukerta UNRI Laksanakan Lokakarya dan Penutupan di Desa Labuhbaru Barat

KILASRIAU.COM - Mahasiswa Kukerta Membangun Kampung Desa Labuhbaru Barat Universitas Riau,Senin (15/05/2023) yang lalu telah melakukan kegiatan lokakrya hasil ataupun output dari Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) yang sudah dilaksanakan selama lebih kurang 40 hari di Desa Labuhbaru Barat,Kecamatan Payung Sekaki.

Kukerta UNRI Membangun Kampung bertujuan untuk membantu masyarakat petani dalam membangun pertanian organik dengan memanfaatkan limbah ternak masyarakat peternak menjadi pupuk organik cair di desa Labuhbaru Barat sehingga masyarkat dapat memanfaatkan limba menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Secara khusus, program Desa Labuhbaru barat Tahun 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa dalam rangka mendukung pengentasan kemiskinan.

Dalam kegiatan ini, acara dihadiri oleh Lurah Labuhbaru Barat,aparat desa dan juga mahasiswa Kukerta UNRI Membangun Kampung yang terdiri dari 10 orang yaitu Fadhil Ahmad Selaku Ketua Kukerta, Febrina Sari,Celly Fulisian,  Muhammad David Kurniawan, Alfadita Zahlan, Adinda Priyastuti Randu, Mahesa Rizky annisa, Ilham Hanfiah Wy, Vivi Putri Dewi, Citra Zaskiah Anugerah.

Pelaksanaan lokakarya dilakukan secara tatap muka,dimana pihak desa beserta mahasiswa Kukerta dilakukan secara offline di kantor Lurah Labuhbaru Barat. Lokakarya yang dilakukan oleh Mahasiswa Kukerta Unri Membangun Kampung Desa Labuhbaru Barat dimulai dengan pemaparan mengenai capaian yang sudah dikerjakan mahasiswa Kukerta berupa buku Profil Desa dengan Judul “ Labuhbaru Barat dalam Angka”, peta desa, infografis desa serta vidio kegiatan selama Kukerta.

Lurah yang hadir  dalam acara lokakarya secara offline juga mengapresiasi atas capaian yang sudah dikerjakan oleh mahasiswa Kukerta UNRI Membangun Kampung di Desa Labuhbaru Barat.

“Semoga hasil ini bisa menjadi produk yang bisa dilanjutkan di Desa Labuhbaru Barat oleh Pak Kepala Desa dan Timnya” Ujar Ardiles S.M sebagai Lurah Labuhbaru Barat.

“ Harapan terbesar kami adalah ssemua kegiatan yang telah kami lakukan di desa Labuhbaru Barat ini dapat membantu dan berguna bagi masyarkat desa.” Ujar Ketua Kukerta Fadhil Ahmad

Fadhil juga menjelaskan bahwa lokakarya ini bertujuan agar seluruh kegiatan yang telah dilakukan di desa Labuhbaru Barat dapat diketahui dan berguna bagi masyarkat desa Labuhbaru Barat dalam menyelesaikan Problem Desa.**


Baca Juga