Pertama Kali Laksanakan Panen Raya di Desa Kuala Sebatu, Ini Harapan Bupati Inhil

KILASRIAU.com  - Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka kabupaten Indragiri hilir, hari ini melaksanakan panen raya jagung, Selasa (20/10).

Dalam pelaksanaan tersebut tidak hanya memanen buah jagung saja melainkan juga penyerahan kartu tani kepada masayarakat.

Camat Batang Tuaka Usman mewakili warga Desa Kuala Sebatu mengucapkan terima kasih karena Bupati Inhil, Dandim, dan Kapolres dan unsur lainnya berkenan hadir dalam acara panen raya jagung di desa Kuala Sebatu.

"Saya secara pribadi sangat berterimakasih karena Bapak bupati serta unsur Frokopimda dapat langsung hadir dalam pelaksanaan panen raya ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Camat menuturkan bahwa luas lahan yang dipanen ini kurang lebih ada 20 hektar merupakan jenis jagung hibrida dan lokal yang ditanam warga Desa Kuala Sebatu.

"Jadi, dengan panen raya hari ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang ada di Desa Kuala Sebatu," sebutnya.

Selain itu, Kepala Desa Kuala Sebatu, Yanti saat diwawancarai awak media mengatakan pelaksanaan panen raya yang pertama ini menjadi momen yang sangat menyenangkan karena bisa langsung dihadiri Bupati Inhil.

"Alhamdulilah kami semua sangat senang atas kedatangan pak Bupati,  karena ini pertama kalinya pelaksanaan panen raya jagung di Desa Kuala sebatu yang langsung di pimpin oleh Pak Bupati," ucap Yanti.

Lebih lanjut yanti menambahkan, di Desa Kuala Sebatu ini khususnya di parit 14 Harapan Baru Dusun Tasik Pilang tidak pernah putus penanaman jagung selalu ada tiap tahunnya.

"Maka dari itu, Desa kuala Sebatu selalu memproduksi buah jagung. Karena selesai dipanen maka akan ditanami kembali," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Inhil HM Wardan mengatakan dan menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada masyarakat Batang Tuaka atas sambutan yang luar biasa dan mampu mengelola sumber daya alam sehingga dapat menggerakkan potensi wilayah yang ada di di desa Kuala Sebatu.

"Mudah-mudahan kelompok tani yang ada di Desa Kuala Sebatu dapat berkembang dan tetap semangat berkarya di masa pandemi sebagai rencana pembangunan di kabupaten Inhil akan diprogramkan normalisasi kanal dan perbaikan jalan yang ada di Desa Kuala Sebatu, sehingga akses pengangkutan hasil tani lebih optimal menuju ke wilayah desa lainnya," kata Bupati Inhil.

Dikesempat itu juga, Bupati menyampaikan bahwa pada hari ini juga akan dibagikan kartu tani kurang lebih sebanyak 2890 kepada kelompok tani Desa Kuala Sebatu. Tujuannya agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendapatkan layanan dari bank.

"Karena kartu tani ini bekerja sama dengan pihak bank Mandiri. Karena kartu tani lebih memudahkan petani nanti nya apa bila menerima bantuan ataupun yang lainnya Karena kartu ini juga bisa langsung menjadi atm," jelas Bupati.

Dikesempatan itu juga Bupati Inhil tidak lupa untuk menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dimana pun berada agar bisa memutuskan mata rantai Covid 19 di Kabupaten Inhil khususnya.

"Dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati No 50 Tahun 2020, mari kita mematuhi 4 M supaya penyebaran virus covid 19 cepat berakhir, dan kita juga dapat beraktivitas seperti biasanya," imbuhnya.

Tidak ketinggalan Kabid PSP Provinsi Riau Yuliatmi mengharapkan agar Desa Kuala Sebatu ini dan wilayah lain di Inhil ke depan dapat menjadi sentra produksi tanaman pangan yang sangat berpotensi untuk pertanian.

"Karena saya melihat di Inhil ini sangat bagus didalam pengelolaan pertaniannya. Maka dari itu kami dari provinsi Riau siap mendukung, mensupport serta membantu para petani. Dan yang terpenting selalu berkoordinasi agar semuanya bisa terealisasi," tutupnya






Tulis Komentar