Anak Bunda lebih Suka Susu dari pada Makanan? Ini Cara Menyikapinya

KILASRIAU.com - Urusan makan anak memang susah-susah gampang. Misalnya, ada anak yang ogah makan dan cuma mau minum susu. Situasi begini sudah pasti bikin kita khawatir ya, Bun.

Terkait anak cuma mau minum susu sedangkan dia ogah makan, dr Priscilla Johanna dari Go-Dok mengatakan tentu bisa berbahaya ketika anak cuma minum susu dan nggak mendapat asupan makanan lain. dr Priscilla bilang susu memang terbukti memiliki kandungan gizi yang banyak, tapi nutrisi yang dibutuhkan anak nggak hanya bersumber dari susu. 

"Asupan gizinya juga harus bersumber dari makanan lain juga sayur dan buah agar nutrisi dan gizi tercukupi dengan sempurna. Terutama pada masa pertumbuhan, di mana kebutuhan tidak mungkin semua dipenuhi dari susu," kata dr Priscilla dalam Live Comment HaiBunda 'Si Kecil Doyan Makan, Bunda pun Senang' baru-baru ini.

dr Priscilla mengingatkan usahakan asupan harian yang diperlukan anak tetap terpenuhi ya, Bun. Mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, hingga lemak. Selain memperhatikan asupan gizi anak, dr Priscilla menyarankan para bunda untuk membuat variasi bentuk makanan dan camilan yang semenarik mungkin. Dengan begini, diharapkan anak tertarik untuk makan.

Misalnya nih, Bunda bisa membuat makanan sesuai bentuk karakter kartun kesukaan anak ataupun super hero yang dia sukai. Menurut dr Priscilla anak kadang lebih memperhatikan penampilan makanan yang dihidangkan dibanding rasanya. Sehingga, dia nggak cuma mau minum susu  tapi tertarik mencoba makanannya.

"Jangan lupa coba ciptakan suasana makan yang menyenangkan. Untuk makanan, hindari menyajikan menu yang berulang dan jangan lupa untuk mengkreasikan penyajian makanan agar lebih menarik," tutur dr Priscilla.

Dr.Badriul Hegar, PhD, SpA(K) dari RS Cipto Mangunkusumo mengatakan saat anak sudah mencapai usia tiga tahun, susu lebih berperan sebagai makanan pendamping dan bukan makanan utama. Oleh sebab itu, pemberiannya bergantung pada orang tua.

"Secara teori di atas satu tahun pun susu sudah jadi asupan pendamping, karena yang utamanya ya makanan padat. Jadi jadwal makannya makan makanan padat tiga kali, lalu camilan dua kali. Boleh kalau mau ditambahkan susu," ungkap dr Hegar.






Tulis Komentar