Tim Kukerta Unri Ajarkan Metode Pemasaran Online Produk UMKM 'Peyek Bu Desi'

KILASRIAU.com - Tim Kukerta mengunjungi salah satu rumah warga yang memiliki usaha kecil-kecilan yaitu produksi peyek pada hari Rabu 29 Juli 2020 yang lalu.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendiskusikan serta meminta izin kepada Desi selaku pemilik usaha agar Tim Kukerta dapat membantu memperbaiki cara pengemasan dan mengajarkan pemasaran secara online.

“Jadi nanti kita pasarkan secara online sehingga bisa melalui facebook, status WhatsApp maupun instagram” ujar Ilham, salah satu anggota Tim Kukerta Universitas Riau kepada Ibu Desi yang sebelumnya berjualan dengan menitipkan peyeknya ke beberapa rumah makan, Sabtu (15/8/20).

Dalam kesempatan itu juga Ilham menuturkan bahwa seiring perkembangan zaman, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu memahami bagaimana cara pengemasan dan pemasaran produknya dengan baik. Namun setelah ditinjau lebih lanjut, masih banyak UMKM yang pemasarannya masih menggunakan metode lama.  

"Hal tersebut menjadi alasan bagi Tim Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung Universitas Riau (UNRI) membantu meningkatkan dan mengembangkan salah satu UMKM di Kelurahan Tuah Madani," ujarnya.

Lebih lanjut Ilham mengatakan bahwa pada Hari Kamis 06 Agustus 2020 Tim Kukerta mengunjungi rumah Desi untuk melakukan pemasangan spanduk di depan rumah produksi agar lebih mudah ditemui jika ada pelanggan yang ingin memesan secara langsung. Kemudian Tim Kukerta membantu Desi membuat peyek, mengubah ukuran kemasan menjadi lebih besar dan memberi stiker pada kemasan dengan brand name 'Peyek Bu Desi' agar tampak lebih menarik.

"Esoknya kami melakukan pengambilan foto dan video promosi produk UMKM 'Peyek Bu Desi' untuk memasarkan produk secara online melalui sosial media. Tim Kukerta juga membuatkan akun sosial media seperti Instagram dengan username  @peyek_budesi sebagai sarana pemasaran online (Digital Merketing)," jelasnya.

Selanjutnya Ketua Tim Kukerta Wahyu mengatakan bahwa selain mengajarkan teknik produk kemasan tim juga mengajari cara penggunaan instagram, promosi melalui status WhatsApp-an dan Facebook kepada Desi. Dengan adanya kegiatan dari Tim Kukerta ini diharapkan Desi selaku pemilik rumah produksi peyek dapat menerapkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness.

"Tentunya dengan adanya ini kami  berharap dapat memotivasi UMKM lainnya untuk meningkatkan kualitas produk dan pemasarannya serta membantu usaha-usaha kecil masyarakat dapat meningkat seiring perkembangan teknologi” tutup wahyu selaku ketua tim Kukerta.






Tulis Komentar