Bertajuk Aren! Mahasiswa Kukerta Unri 2020 Berikan Pelatihan Pembuatan Boba Berbahan Baku Gula Aren

KILASRIAU.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Terintegrasi Abdimas Universitas Riau (UNRI) Desa Lubuk Ogung, Kecamatan Bandar Sei Kijang, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau telah memberikan pelatihan pembuatan boba berbahan baku gula aren.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Lubuk Ogung pada hari Kamis 6 Agustus 2020 dengan 9 mahasiswa KUKERTA yakni Lasdor Sitohang, Rizki Kurniawan, Khairun Nisa Insani, Khairum Nisa Jelita, Risti Kurniati, Azra Zakiah, Windy Aulia Asshafa, Zoya Gerina Bielsa, dan Aulia Fatmala.

Dalam pelatihan tersebut langsung di dipandu Risti Kurniati dan dihadiri  ibu-ibu PKK Desa Lubuk Ogung.

Pelatihan ini dibuat sebagai bentuk kreatifitas dan upaya dari Tim Dosen yang diketuai Yeni Kusumawaty, S.TP, MM, PhD dan Mahasiswa KUKERTA Unri untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam bidang perekonomian, mengingat besarnya peluang usaha dari produk boba aren.

"Sebab tidak hanya rasanya yang enak dan bernilai jual tinggi sehingga banyak diminati masyarakat, ternyata boba memiliki khasiat yang baik, seperti dapat menjadi sumber energi yang cukup bagi tubuh dan dapat menaikkan berat badan apabila dikonsumsi secara teratur," kata Risti Kurniati, Jum'at (7/8/20)

Selain itu Risti Kurniati berharap dengan adanya pelatihan ini menginspirasi ibu-ibu yang berada di wilayah Desa Lubuk Ogung membuat suatu badan usaha dibidang gula.

"Karena gula aren ini bisa divariasikan menjadi produk makanan baru yang bernilai jual tinggi di pasar lokal bahkan sampai ke kancah internasional, maka dari itu jika ini benar-benar dimanfaatkan maka bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan," jelas Risti Kurniati. 

Sementara itu, ucapan apresiasi dan terima kasih turut disampaikan oleh ibu-ibu PKK Desa Lubuk Ogung. “Wah.. tidak hanya enak dan mudah dibuat, ternyata boba ini harga jualnya mahal ya.. Bagus ni kalau dijadikan usaha.” ujar Asiyah selaku ketua PKK Desa Lubuk Ogung. 






Tulis Komentar