Cegah Penyebaran Covid 19, KKN Unri Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Bagikan Handsanitazer

KILASRIAU.com - Sejak covid-19 masuk ke Indonesia, seluruh kegiatan yang melibatkan orang banyak dibatasi. Namun hal ini tidak menjadi batasan bagi Mahasiswa Universitas Riau untuk melakukan pengabdian di masyarakat. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Relawan Covid-19, Mahasiswa Universitas Riau melakukan pengabdian di Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan Sumatera Utara. 

Salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan yaitu melalui kegiatan penyemprotan disinfektan di Pasar Desa Rawang Pasar 6 dan pembagian handsanitizer gratis kepada masyarakat.

Ketua kelompok KKN Relawan covid-19 Kecamatan Rawang panca Arga, Teguh mengatakan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan dan pembagian handsanitizer ini dilaksanakan pada Sabtu 19 Juni 2020 kemarin

"Kegiatan penyemprotan disinfektan ini dilaksanakan pada Sabtu pagi di salah satu pasar yang ada di Desa Pasar 6 Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan yang juga di dampingi bapak camat Kecamatan Rawang Panca Arga, Kepala Desa Rawang Pasar 6, dan Babinsa. Tujuan penyemprotan ini agar dapat mencegah penyebaran covid 19 di daerah pasar," kata Teguh, Jum'at (26/6/2020).

Selain itu, Diva yang juga merumakan peserta KKN Relawan covid-19 Universitas Riau mengungkapkan bahwa selain melakukan penyemprotan disejalankan dengan pembagian handsanitizer kepada pedagang yang sering melakukan kontak dengan orang banyak terutama dalam hal transaksi uang.

"Kami berharap kepada pedagang agar tetap menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan, jaga jarak, memakai masker dan yang paling selalu  menggunakan handsanitizer serta mematuhi protokol kesehatan agar dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19," jelas Diva.

Selanjutnya, Camat Kecamatan Rawang Panca Arga, Ramadhan Nasution S.AP menjelaskan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan berguna untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di darea pasar dan di harapkan kepada pengunjung pasar untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan di pasar.

"Saya sangat mengapresi kegiatan peserta KKN Relawan covid-19 Universitas Riau yang telah ikut turun melaksanakan kegiatan pencegahan penyebaran corana di kecamatan kami ini. Oleh sebab itu, masyarakat baik itu pengujung pasar untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan di pasar," tutupnya.






Tulis Komentar