Oknum yang Diduga Membuang Sampah di Sungai, Orsos MPI Pinta DLHK Berikan Sanksi Tegas

KILASRIAU.com - Organisasi Sosialisasi Masyarakat Peduli Inhil (MPI) melalui Humas MPI, Dany Firdaus meminta tindakan tegas terhadap oknum yang diduga pekerja Dinas Lingkup Hidup dan Kebersihan (DLHK) yang membuang sampah di sungai.

Dany Firdaus menyebutkan pencemaran lingkungan dari para oknum petugas kebersihan yang sengaja membuang sampah jangan dibiarkan. Karena tambah Dany, selain aparat, warga juga ikut memantau para kinerja dinas atau instansi.

Dany juga menilai, air di sungai masih  banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat jadi ia meminta sungai yang ada jangan dikotori. "Itukan air lautnya masih bisa digunakan untuk cuci, kalau dibuang sampah ke laut kan kotor, jadi sangat disayangkan oknum yang membuang sampah" sebutnya.

Untuk itu, Pria yang aktif bersuara di media sosial Facebook ini meminta agar ada tindakan serius terhadap oknum pelaku pembuang sampah di sungai yang sempat viral di dunia maya.

"Seharusnya ada tindakan tegas  dari Kepala Dinas atau Bupati langsung karena itu menyangkut pencemaran lingkungan. Jika tak ada tindakan tegas sangat disayangkan, kalau bisa diberikan sanksi," sebut Dany Firdaus saat dikonfirmasi media, Minggu (26/4/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Inhil  IIyanto saat dikonfirmasi media mengatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui tentang peristiwa tersebut, dan saat ini pihaknya sedang menyelidiki penyebabnya.

"Kami sampai saat ini masih dalam proses menyelidiki mengenai kasus tersebut yang berbeda di Facebook," ujar IIyanto, Minggu (26/4/2020).

IIyanto juga menyatakan akan memproses terlebih dahulu kasus ini dan mengenai sanksinya tergantung pada proses penyelidikan.

"Karena itu perlu dipelajari, kenapa ?. Jika benar kali ini dan tidak ada niat lain, tentu teguran pertama. Namun jika selalu (sering, red) nah ini perlu sanksi yang lebih," tutupnya.

Untuk diketahui video pembuangan sampah ke sungai yang diduga dilakukan oleh oknum pekerja DLHK Kabupaten Inhil beredar di sosial media (Medsos)  diposting oleh akun Facebook @Haris Senin.

Postingan ini sempat dikomentari sebanyak 19 netizen dan dibagikan sebanyak 52 serta  like 18 orang.

Adapun isi komentarnya berbagai ragam tanggapan, berikut ulasannya.
‌akun @Mas Andi Permadi "nyamannya Leh membuang, Matia udang, da Hingkat lagi aku nanggo"
Akun @Nasruddin Annas "Ini namanya TUKANG SAMPAH"
Akun @Nur Ayu Ilahi "ih ngapa gitu,,, bukannya membersihkan malah buat pencemaran,,, Tak adakah d suruh bakar,,, petugasnya malas kali kasih orang2 gini biar tidak merusak lingkungan"
‌akun @Subkhan Riza  "Tolong diteruskan ke pemimpinnya biar dipecat tu orang....!!"






Tulis Komentar