BPS Inhil Bersama Upika Se-Kecamatan Tembilahan Laksanakan Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020

Doc. BPS Kabupaten Inhil

KILASRIAU.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bekerjasama dengan Kecamatan Tembilahan beserta Upika Se-Kecamatan Tembilahan melalsanakan kegiatan sosialisasi dalam rangka menyukseskan Sensus Penduduk Online Tahun 2020 yang dimulai tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

"Sensus Penduduk Online ini merupakan terobosan terbaru Badan Pusat Statistik yang wajib kita sukseskan. Sensus Penduduk yang berbeda dari 6 Sensus Penduduk sebelumnya, hanya 5 s/d 10 menit sensus ini selesai, cukup dengan Hp Android, KK dan Buku Nikah" ujar Camat Tembilahan H. Ahmad Khusairi, S.Sos, MM, Rabu (18/02/20) kemarin.

Selanjutnya camat menghimbau Lurah dan Upika Se-Kecamatan Tembilahan agar berperan aktif mensosialisasikan Sensus Penduduk Online ini ke warganya. Bahkan camat berharap lurah dan jajarannya dapat membantu masyarakat yang tidak memiliki hp Android dalam mengisi Sensus Penduduk Online ini.

"Sensus Penduduk Online ini merupakan program pemerintah sesuai amanat Undang-Undang No.16 Tahun 1997. Harapannya masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengisi Sensus Penduduk Online ini melalui situs resmi sensus.bps.go.id dengan mengisi data yang jujur dan benar" ujar Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir Hartono S.Si.

Adapun rangkaian SP 2020 yakni SP Online berlangsung pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Sementara Sensus Penduduk Wawancara dilakukan pada 1 hingga 31 Juli 2020.

Selain itu Ahmad Khusairi mengatakan bahwa SP Online yang menjadi tahapan pertama Sensus Penduduk ini bisa sukses dengan peran serta masyarakat. Suksesnya SP Online di Tembilahan menggambarkan tingkat kesadaran masyarakat Tembilahan akan pentingnya data.

Raswandi SP selaku pemateri di kegiatan sosialisasi ini mengatakan "Sensus Penduduk Online ini cukup mudah dilakukan, pengisiannya cukup diwakili 1 orang saja untuk mengisi sensus 1 keluarga. Jika orang tua tidak paham android bisa minta tolong anaknya mengisikan Sensus Penduduk Online ini"ujarnya.






Tulis Komentar