Harga Bahan Pokok di Pasaran Kota Tembilahan Kabupaten Inhil dalam Keadaan Stabil

KILASRIAU.com - Pantau harga jual bahan pokok di sejumlah pasar di Kota Tembilahan, di Pasar Selodang Kelapa (Pasar Terapung) relatif stabil, Rabu (8/1/2020).

Kepala Seksi Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok dan barang penting Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disprindag) Kabupaten Inhil, Ifdiarman saat di konfirmasi KILASRIAU.com mengatakan bahwa harga barang pokok hari ini dalam keadaan stabil.

"Hari ini harga bagus dan stabil di sejumlah pasar di Kota Tembilahan, dan Pasar Selodang Kelapa (Pasar Terapung)
Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)" kata Ifdiarman

Kepala Seksi Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok dan barang penting Disprindag Inhil menututurkan bahwa ada tiga komoditi yang mengalami penurunan pada hari ini yaitu cabe merah besar, cabe merah keriting, dan bawang merah lokal

"Ya, terdapat tiga komoditi yang mengalami penurunan yaitu cabe,merah, besar mengalami penurunan di tingkat pengecer sebesar 9%,  cabe, merah keriting mengalami penurunan di tingkat pengecer sebesar 8%, dan bawang merah, lokal mengalami penurunan di tingkat pengecer sebesar 7%," Jelasnya.

Selanjutnya Plt Kadisperindag Inhil, Dhoan Dwi Anggara SSPT, MH mengatakan, pantau harga bahan pokok di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merupakan salah satu kota titipan pantauan delfasi di Riau.

"Tidak hanya di Inhil malah ada juga darah lain yaitu kota Pekanbaru, Dumai," ucap Dhoan.

Menurut plt Disprendag Inhil Dhoan pantauan harga di Kabupaten Inhil itu melalui distributor dan lainnya apa bila mengalami suatu kenaikan atau perubahan tentunya signifikan.

"Kita melakukan pantauan ini setiap hari melalui distributor dan lainnya, dan harganya pun tidak terlalu banyak mengalami perubahan paling signifikan," kata plt Disprendag Inhil

Plt Disprendag Inhil menututurkan faktor-faktor yang mendasar kenaikan harga bahan pokok ini ialah terjadi karena biaya transportasi atau biaya distribusi

"Kabupaten Inhil untuk bahan pokok sangat tergantung dari luar seperti dari Kepri, Jambi, Sumatra Barat dan lain sebagainya. Maka harga bahan pokok di Inhil sangat berpengaruh terhadap biaya Transporasi dan Distribusi. Jadi, apabila mengalami kenaikan mungkin diluar daerah tersebut mengali gagal panen, jalur transportasi yang terputus dan lain-lainnya. Kita juga bersyukur hari ini bahan pokok stabil dan semuanya stok ada," tutupnya.






Tulis Komentar