Koramil 09 Gelar Latihan Simulasi Penanganan Karhutla

Humas Kodim 0314 Inhil

KILASRIAU.com, Keritang – Dalam rangka menghadapi musim kemarau, Koramil 09/Kemuning bersama Polsek Keritang dan Camat Keritang beserta komponen masyarakat lainnya, menggelar latihan dan simulasi Penaganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Simulasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Unsur terkait di Kecamatan Keritang ini sebagai langkah antisipasi terjadinya bencana Karhutla.

Danramil 09/Kemuning, Kapten Arh Zaenuri menuturlan, simulasi ini sebagai bentuk latihan untuk menghadapi karhutla dengan berkoordinasi dengan instansi terkait yakni Pemkab , POLRI dan Pihak Swasta serta Desa Siaga lainnya. Sehingga apabila terjadi karhutla dapat ditangani dengan sigap dan cepat.

Ditambahkan, bencana tidak dapat dihentikan, akan tetapi dapat dilakukan upaya-upaya berupa penanggulangan dan antisipasi. Persiapan dini di dalam menghadapi peristiwa yang telah terjadi, maka dari itu perlunya program pelatihan sebagai dasar mempersiapkan diri untuk menghadapinya

“Tidak membakar hutan dan lahan dengan sembarangan juga merupakan antisipasi dini terjadinya bencana,” ucap Danramil.

“Latihan penanggulangan bencana Karhutla ini merupakan simulasi pelaksanaan hubungan antara Komando dan Staf terhadap, sub satgas serta pengerahan kekuatan Koramil 09/Kemuning ini dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah guna penanggulangan Karhutla,” ujarnya.

Setelah Dilakukan kegiatan simulasi penanganan Karhutla, kegiatan dilanjutan dengan Deklarasi Bebas Asap 2020.






Tulis Komentar