PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 PLTU Tembilahan, Feriadi: Enam Keunggulan Budidaya Ayam Joper

KILASRIAU.com - PT Pembangkitan Jawa Bali PJB melaksanakan Penyusunan Budidaya Ayam Koper, Corporate social responsibility PT PJB UBJOM Luar Jawa 2 PLTU Tembilahan, yang dilaksanakan di Jalan Kampung Tengah Gangng Maju Jaya Kelurahan Sungai Beringin, Tembilahan. Selasa (19/11/2019).

Kelompok Usaha Berkah Budidaya Ayam Koper Binaan CSR PLTU Tembilahan mendapatkan bantuan sebanyak kurang lebih 800 ekor yang berasal dari Pekanbaru- Riau.

Penyuluhan tersebut diberikan oleh Drh Irswandi  Bachtiar dari Dinas Tanaman Holtikultura dan Peternakan sebagai Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Tujuan memberikan penyuluhan ini ialah memberikan manfaat kepada warga sekitar, khususnya masyarakat di PLTU. Serta dapat meningkatkan sumber pendapatan ekonomi masyarakat sekitar.

Pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan tersebut PT PJB UBJOM luar Jawa 2 PLTU Tembilahan, memberikan bantuan berupa

1).  Bibit Ayam Joper 100 Ekor

2). Pakan Bibit 25 Sak

3). Wadah makan dan Minum 100 Pcs, dan

4). Pembuatan Kandang 1 Lot

Manejer PJB MGS Feriadi menuturkan bahwa ayam joper merupakan singkatan dari Ayam Jawa Super. Ayam ini merupakan hasil perkawinan persilangan antara Ayam Kampung Jantan  dengan Ayam Petelur Betina. Dan memiliki beberapa nama lain selain Ayam Joper diantaranya Ayam Jawa Super, Ayam Kampung Super, Ayam Kamper, dan lain-lainnya.

"Membudidayakan Ayam Joper memiliki banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis ini. Dan sekarang, beternak Ayam Joper kini tengah menjadi topik yang ramai di perbincangkan," ujar Feriadi.

Menurut Feriandi tidak sedikit masyarakat yang kemudian tertarik untuk terjun kedalam usaha Ayam Joper. Karena, beternak Ayam Joper sebenarnya tidaklah sulit, dan masyarakat sebagai pemulapun bisa melakukan. Hanya saja dibutuhkan kerja keras dan ketekunan dalam memelihara.

"Maka dari itu, Kami PT PJB UBJOM luar Jawa 2 PLTU Tembilahan, melalui program tanggung jawab perusahaan sosial CSR ingin berperan serta dan membantu masyarakat di lingkungan PLTU melalui program kerja yang berkelanjutan (sustainable)," kata Feriadi.

Feriadi berharap masyarakat benar-benar memanfaatkan program kerja ini dengan sebaik-baiknya. Dan terus di kembangkan hingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Selanjutnya, Kelompok Usaha Berkah Moharto mengucapkan terimakasih atas atas apa yang telah diberikan baik itu berupa ilmu walaupun bibit ayam joper.

"Terima kasih banyak kepada pimpinan PJB yang telah membantu kami untuk berdiri sendiri dalam mengembangkan budidaya ayam joper kepada Kelompok Usaha Berkah," kata Moharto

Moharto meturkan bahwa untuk kedepannya apabila ini berhasil akan dikembakan dan menambah lahan lagi derta merekrut masyarakat yang sini untuk bekerja mengembangkan budidaya ayam joper.

"Untuk saat ini jumlah kelompok Usaha Berkah sendiri baru beranggotakan 6 orang dan kedepanya akan terus berkoordinasikan bersama teman-teman bagaimana kedepannya bisa membuat lapangan pekerjaan khusus masyarakat disini," ujarnya.

Moharto berharap semoga kedepannya Kelompok Usaha Berkah berhasil dan berkembang serta bisa menambahkan pendapatan masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan.

Berikut keunggulan Dari Ayam Joper diantaranya adalah.

1). Pertumbuhan lebih cepat dari ayam kampung bisa.

2). Masa panen lebih cepat.

3). Daya tahan tubuh yang tinggi dari berbagai macam penyakit unggas.

4). Harga jual lebih tinggi dan stabil

5). Daging yang gemuk, dan

6). Rasanya yang enak.






Tulis Komentar