HKN ke- 55 UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Taja Lomba Senam CTPS

KILASRIAU.com - Lomba Senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang ditaja UPT Puskesmas Tembilahan Hulu dalam rangka Memeriahkan HKN ke- 55 di Jalan Sederhana. Kamis (14/11/2019).

Pelaksanaan lomba senam cuci tangan tersebut tercata 21 peserta yang terdiri dari SD, SMP, SMA se- Kecamatan Tembilahan Hulu.

Tujuan pelaksanaan tersebut ialah memberikan pengetahuan kepada masyarakat pentingnya dalam kehidupan sehari-hari untuk mencuci tangan dengan cara 6 langkah.

Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Dr. Rosdinah mengatakan bahwa pelaksanaan ini merupakan yang kedua dan peserta sangat antusias ikuti berpartisipasi dalam perlombaan mencuci tangan dengan 6 langkah. Dan pelaksanaan pertama itu dilaksanakan di SD 02 Pulau Palas Tembilahan Hulu tahun 2018. Untuk di ketahui yang sudah terealisasi saat ini ada dua sekolah diantaranya ialah SD 02 dan SD 08Tembilahan Hulu kabupaten Inhil.

"Mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dari kulit tangan dengan menggunakan sabun biasa dan air. Mencuci tangan merupakan salah satu unsur pencegahan penularan infeksi," kata Dr. Rosdinah.

Menurut Rosdinah perilaku mencuci tangan adalah masalah yang dianggap mudah, begitu mudahnya sehingga banyak orang mengabaikannya, padahal perilaku mencuci tangan mampu mencegah berbagai jenis penyakit. Karena, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit DIARE dan ISPA.

"Tingkat efektivitas mencuci tangan dengan sabun dalam penurunan angka penderita diare yaitu ; mencuci tangan dengan sabun (44%). Dan bukti-bukti telah ditemukan bahwa praktek-praktek menjaga kesehatan dan kebersihan seperti – mencuci tangan sebelum dan sesudah makan/ buang air besar/kecil – dapat mengurangi tingkat infeksi hingga 25%, serta penelitian juga telah membuktikan bahwa selain diare dan infeksi saluran pernapasan penggunaan sabun dalam mencuci tangan mengurangi kejadian penyakit kulit, infeksi mata seperti trakoma, dan cacingan khususnya untuk ascariasis dan trichuriasis," Jelas Rosdinah.

Selanjutnya, Marlis Syarif yang merupakan selaku Seketaris Kesbangpol Kabupaten Inhil mengatakan bahwa rindu akan suasana pada saat ini karena ini merupakan kunjungan kedua untuk Puskesmas Tembilahan Hulu.

"Kami sangat bahagia sekali karena disambut dengan sangat baik oleh Kepala Puskesmas dan kebetulan memang pegawai Puskesmas Tembilahan Hulu ini sudah di anggap seperti  keluarga dan hari ini kebanggaan kami tadi berjumpa dengan anak-anak yang ikut perlombaan mencuci tangan," ujar Marlis Syarif.

Seketaris Kesbangpol berharapan anak-anak yang hadir ini menjadi penerus bangsa dari Kabupaten Indragiri Hilir serta cita-cita yang di impikan bisa terwujud.

"Mudah-mudahan anak-anak kita ini menjadi orang yang berguna dan dapat memberikan suatu kemajuan yang lebih baik.Dan pelaksanaan acara seperti ini maunya dilaksanakan di seluruh Kabupaten Indragiri Hilir Kepala garar setiap tahunnya ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Inhil," harapnya.






Tulis Komentar