Nia Harap Mahasiswa Faperta Dapat Berkompetisi Dibidang Pertanian Berkelanjutan

Doc. Foto Bersama Formatani Wilayah 1

KILASRIAU.com - Perwakilan mahasiswa Universitas Islam Indragiri (Unisi) Fakultas Pertanian (Faperta) Program Studi Agroteknologi hadir dalam kegiatan Seminar Nasional dan Musywarah Wilayah 1 Formatani dilaksanakan di Universitas Majalengka.

Pelaksanaan tersebut dilaksanakan pada 21-24 February 2018 yang diikuti oleh mahasiswa agroteknologi wilayah 1 dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 February 2018 di Universitas Riau.

FORMATANI merupakan suatu organisasi yang beranggotakan Mahasiswa Agroteknologi / Agroekoteknologi dari seluruh Universitas Indonesia. Organisasi ini menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman yang dapa mengasah kemampuan Mahasiswa Agroteknologi / Agroekoteknologi.

Kegiatan Seminar Nasional dan Musywarah Wilayah 1 Formatani dilaksanakan di Universitas Majalengka. Kegiatan ini dilaksanakan pada 21 sampan 24 February 2018. Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa Agroteknologi.

Kegiatan ini diikuti oleh 53 delegasi dari 11 Universitas yang ada di Wilayah 1 Formatani yang ikut berpartisipasi di kegiatan ini. Pada saat kegiatan Musyawarah Wilayah 1 Formatani disampaikannya Badan Eksekutif Wilayah 1 UNRI periode 2017 – 2018 serta diadakannya pemilihan tuan rumah kegiatan Wilayah periode 2017– 2018 dan ditentukannya Koordinator Wilayah 1 Periode 2017 – 208. Dan Dalam kegiatan ini BEM UNISI mendelegasikan 3 orang untuk ikut berpartisipasi.

Bentuk kegiatan ini terdiri dari Semiar Nasional, perkenalan produk khas pertanian, Musyawarah Wilayah dan Field Trip.

1. Seminar Nasional
Kegiatan ini diselenggarakan dengan tema “Pengembangan pengolahan lahan gambut sebagai sumber Pertanian berkelanjutan”. Seminar ini membahas tentang spesifikasi pertanian dalam mempertanahankan ketahanan pangan Nasional dilahan gambit Pembicara Seminar Nasional berasal dari dosen UNRI, dan bapak motivator untung, Instansi terkait, Praktisi dan Akademisi. Peserta dalam seminar ini adalah Mahasiswa/I dari setiap Universitas se – Indonesia serta petani yang menjadi sasaran sehingga dapat memberikan ilmu, pengetahuan, wawasan sebagai pelaku dalam bidang pertanian. Tujuan dari Seminar Nasional ini untuk memberikan ilmu dan pengetahuan sehingga dapat menghasilkan sumber daya yang berkualitas dan berkompeten dibidang Agroteknologi / Agroekoteknologi yang memiliki potensi dalam budidaya pertanian yang nantinya dapat membantu kebutuhan pagan di Indonesia.

2. Perkenalan Makanan khas pertanian
diisi dengan stand – stand makanan khas kalimantan dan lainnya. produk pertanian, sarana pertanian dan inovasi produk pertanian. ini bertujuan untuk meningkatkan minat petani muda untuk berwirausaha di bidang pertanian serta mengenalkan makanan khas kalimantan dan lainnya kepada delegasidari Universitas lain di seluruh Indonesia. Kegiatan bazzar dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 February 2018 di Universitas riau.

3. Musyawarah Wilayah
Musyawarah Wilayah (MUSWIL) merupakan forum musyawarah yang terdapat dalam organisasi FORMATANI khususnya pada wilayah 1 yang pada akhirnya akan ditetapkan coordinator wilayah serta staf bidang. Rapat kerja wilayah 1 mejadi program kerja pada kepengurusan 2017 – 2018 dalam organisasi FORMATANI di wilayah 1.

4. Field trip
Kegiatan field trip bertujuan untuk memperlihatkan, mempromosikan destinasi wisata budaya yang ada di pekanbaru, baik secara lokal, Regional, Nasional maupun Internasional. Agenda Field trip dilakukan pada tanggal 23 fenruari 2017.

Perania Andila mengatakan bahwa mahasiswa merupakan harapan perubahan bangsa menjadi bangsa yang lebih maju dan mandiri. Salah satu tolak ukur kemandirian suatu bangsa dapat dilihat dari ketersediaan pangan / sektor pertanian suatu bangsa.

"Mahasiswa Agroteknologi / Agroekoteknologi sudah semestinya ikut berperan aktif dalam pengembangan pertanian di Indonesia," Kata Nia panggilan akrabnya. Rabu, (30/10/2019).

Nia menguapkan setelah pelaksanaan formatani wilayah 1 pekanbaru, akan diadakan kembali pada tanggal 17 February 2020 akan diadakan di universitas samudra Aceh.

"Saya berharap semoga adik-adik serta kawan-kawan Universitas Islam Indragiri fakultas Pertanian bisa mengikuti acara formatani Agroteknologi/Agroekoteknologi seluruh Indonesia. Agar mahasiswa mampu berkompeten dalam bidang Pertanian yang nanti dapat membantu kebutuhan pangan nasional untuk pertanian berkelanjutan"ujar Perania Andila.






Tulis Komentar