Unisi dan BPS Inhil Menandatangani Nota Kesepakatan Badan Pusat Statistik (Inhil)

KILASRIAU.com -- Universitas Islam Indragiri (Unisi) menyelenggarakan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 serta melaksanakan Penamdatanganan Nota Kesepakatan Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri hilir (Inhil).

Tujuan dalam pelaksanaan tersebut sensus penduduk ialah tidak lain menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Pelaksanaan tersebut terlaksana karena bekerja sama dengan Badan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir dengan mengusung tema 'sensus penduduk 2020, menuju satu data penduduk Indonesia' yang diselenggarakan di kampus 1 Unisi Jalan Provinsi Paret 1 Tembilahan Hulu. Kamis, (24/10/2019).

Rektor universitas Islam Indragiri Dr H Najamuddin Lc MA mengatakan bahwa pelaksanaan pada hari ini saya sangat berterimakasih karena sudah dipercayakan oleh BPS untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi sensus penduduk dan telah berkenaan untuk datang ke kampus 1 Unisi .

"Bahwa pelaksanaan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan adanya pelaksanaan ini tentu banyak memberikan manfaatnya. Dan perlu diketahui bahwa pelaksanaan sensus penduduk ini ialah saling berkesinambungan dan tidak terlepas dari peran serta dari akademik yaitu mahasiswa," ujar Najamuddin Rektor Unisi.

Beliau juga menyampaikan pengalamannya diwaktu ikut serta dalam mensensus penduduk karena sensus ini harus dilaksanakan secara berulang-ulang agar setiap tahunnya kita memiliki data yang falet.

" Maka dari itu, kami dari universitas Islam Indragiri siapa dan mendukung  sepenuhnya program BPS bila memang dosen serta mahasiswa dilibatkan dalam melaksanakan sensus penduduk ini," jelasnya.

Selanjutnya, Ketua BPS Ajid Hajiji  mengatakan salah satu tujuan bps ini ialah mensosialisasikan serta mengenalkan ke kampus yang mana bisa menghasilkan hasil yang memuaskan, karena kita sangat perlu peran serta dari mahasiswa.

"Ya, selaras dengan apa yang disampaikan Rektor Unisi bahwa sanya kedepannya akan ada pengrekrutan dari tim sensus penduduk ini," ujar Ajid saat di wawancara.

Beliau juga menyampaikan bahwa perekrutan ini akan dilakukan pada tahun 2020 pada bulan Februari dan Maret untuk bulan Juli. Dan ini akan melibatkan masyarakat tempat baik itu aparat desa, pemuda dan mahasiswa agar tidak terlewatkan dan persyaratannya yang sesuai dengan yang sudah kami tentukan.

"Pelaksanaan sensus penduduk ini akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020 mulai dari sensus online hingga sensus dour to dour dan diharapkan nantinya peran serta dari mahasiswa dan aktif untuk mendukung pelaksanaan sensus penduduk ini," jelasnya.






Tulis Komentar