Faperta Prodi BDP Lakukan Karya Ilmiah Jurusan Aquaculture

KILASRIAU.com - Universitas Islam Indragiri (Unisi) Fakultas Pertanian (Faperta) Prodi Budidaya Perairan melaksanakan kegiatan Pembudidaya Ikan Lele di Laboratorium Fapert, Jalan Provinsi Paret 1 Tembilahan Hulu. Rabu, (23/10/2019).

Tujuan pelaksanaan ini tidak lain ialah mengajarkan para mahasiswa pertanian khususnya prodi budidaya perairan untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara membudidayakan ikan lele.

Perlu diketahui bahwa sanya pelaksanaan pembudidaya ikan lele ini telah dilaksanakan beberapa mingguan yang lalu di kampus Pertanian Unisi.

Salah satu dosen pendamping Rhino Pamungkas S.Pi.,M.Si mengatakan bahwa banyak yang harus diketahui dalam pelaksanaan kegiatan budidaya ikan Lele fakultas pertanian Unisi ini dilakukan beberapa tahapan kegiatan. Diawali kegiatan sosialisasi dan penyiapan pembentukan Kelompok  budidaya perikanan, pelatihan dan pengembangan kapasitas teknis budidaya perikanan, pelaksanaan pengembangan budidaya perikanan dan kegiatan monitoring di kampus Unri Pekanbaru dan kabupaten Kampar.

"Budidayakan ikan lele mempelajari sistem budidaya perairan, komponen dan permasalahan dalam sistem budidaya, jenis perairan dalam budidaya, komuditas budidaya, jenis pakan dalam budidaya, pengenalan pembenihan dan pembesaran ikan," jelasnya.

Beliau berharap dengan adanya prektek lapang seperti ini semoga kedepannya mahasiswa memahami dan mengerti bagaimana cara membudidayakan ikan lele dan juga hewan air lainnya.

Selanjutnya, Ketua Himpunan Mahasiswa Budidaya Perairan (Hima BDP) Solihin mengatakan budidaya ikan lele ini adalah sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler bagi mahasiswa dan juga salah satu alternatif untuk  mahasiswa belajar meningkatkan pendapatan ekonomi.

"Pelaksanaan ini tentunya memberikan suatu pembelajaran yang sangat baik dan berguna sekali bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Prodi Perairan," kata Solihin

Solihin menjelaskan bahwa pembejaran pembudidaya ini dapat di terapkan kemasyarakatan yang mana nantinya bisa di plementasikan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Semoga dengan adanya pengetahuan mahasiswa tentang budidaya ikan khususnya budidaya ikan lele ini dapat mensosialisasikan masyarakat untuk menambah sumber pendapatan ekonomi di bidang pembudidaya," tutupnya.






Tulis Komentar