Wabup Inhil Harap Sosialisasi PP Nomor 58 Tahun 2016 Berjalan Lancar dan Baik

KILASRIAU.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan kegiatan Sosialisasi PP Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas dan Permendagri Tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Ormas dan Silaturahmi Ormas Se-Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2019. di Aula Bapeda Tembilahan. Rabu, (23/10/2019).

Pelaksanaan sosialisasi PP Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas dan Permendagri Tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Ormas dan Silaturahmi Ormas Se-Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2019 diresmikan langsung Wakil Bupati Inhil.

Ketua pelaksana Haryono mengatakan bahwa Sosialisasi ini berlangsung selama dua hari yaitu 23 - 24 Oktober 2019 di Aula Bappeda Kabupaten Inhil dan pesertanya ormas dan LSM serta elemen masyarakat.
 

"Ada 3 tujuan kegiatan sosialisasi ini, yaitu :

1. Bahwa dari 253 ormas yang terdata di kabupaten Inhil, lebih dari separuhnya telah habis masa berlaku SKT nya.

2. Menambah wawasan dan pengetahuan serta kepedulian ormas terhadap masalah2 yg ada di masyarakat dan ikut membantu penyelesaian masalah seperti masalah narkoba dan bahaya HIV/Aids.

3. Bahwa pemilu 2019 memberi dampak atau potensi konflik di dalam tatanan masyarakat karena adanya perbedaan dalam dukungan dan pilihan politik. Sehingga diperlukan kegiatan silaturahmi ormas utk mempererat persatuan dan kesatuan dlm masyarakat pasca pemilu 2019," Jelasnya.

Beliau juga berharap dengan kegiatan sosialisasi ini ormas-ormas yang telah habis masa berlaku SKT nya dpt segera mengajukan perpanjangan SKT nya ke Kemendagri melalui badan Kesbangpol kabupaten Inhil.

Walik Bupati Syamsuddin Uti Mengatakan bahwa pelaksanaan pada hari ini saya sangat apresiasi serta mendukung sepenuhnya dengan adanya pelaksanaan seperti saat ini.

"Saya siap memberikan bantuan serta mengapresiasi buat kawan-kawan dengan adanya pelaksanaan ini yang ditaja oleh Kesbangpol," kata Wabup Inhil.

Wabup Inhil menghimbau agar para peserta dapat mendengar arahan-arahan apa-apa saja yang akan disampai dan bagaimana kita kedepannya akan membuat yang terbaik agar mendengar keluhan-keluhan serta melihat apa hambatan-hambatan pada masa sekarang ini.

"Saat ini pertumbuhan ormas mengalami peningkatan yang cukup signifikan besarnya angka pertumbuhan ormas tersebut di satu sisi adalah suatu hal menggembirakan karena ini berarti kesadaran masyarakat dalam menghidupkan menunjukkan peningkatan pula namun tingginya angka pertumbuhan tersebut jika tidak diiringi peningkatan kualitas tentu akan menjadi kontraproduktif bagi pengembangan kehidupan politik dan demokrasi untuk," jelas Wabup Inhil.

Wabup Inhil Saya mengucapkan terima kasih yang setulusnya kepada sobat sekalian di mana kita telah selesai melaksanakan Pilkada pemilu juga selesai damai semuanya pentingnya peran aktif dari pada organisasi ormas maupun dari tidak terlepas dari peran aktif bantuan pengamanan dan segala macam pada kesempatan ini saya bersama terutama bagi warga dan Syamsudin uti mengucapkan terima kasih dimana sudah bisa membantu mengamankan pemilu dan Pilkada pada tahun 2018 yang lalu

Wabup Inhil mengungkapkan bahwa diketahui di Kabupaten Inhil sampai saat ini tercatat 105 Ormas yang masih berlaku SKT dan 145 Ormas yang telah habis masa berlaku SKT.

"2 tahun terakhir ini kita telah sukses menyelenggarakan 2 ajang demokrasi itu pilkada dan pemilu tahun 2019 kita ketahui bersama bahwa setiap penyelenggaraan ajang demokrasi selalu menguras energi kita terkadang setelah melalui proses demokrasi tersebut dampak psikologis masih terasa beberapa lama selain peran TNI polri dan pemerintah daerah dalam meredam potensi potensi konflik juga peran ormas sangat mempengaruhi dalam mendewasakan masyarakat kita mencapai segala dinamika ekspresi demokrasi ini peran ormas sangat strategis kali di mana dapat mengajak dan mengikutsertakan masyarakat secara aktif dalam memanfaatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta mensukseskan pembangunan baik secara nasional maupun daerah dan juga menjamin terpeliharanya stabilitas nasional," tutup Wabup Inhil.






Tulis Komentar