Ratusan Masyarakat Reteh Laksanakan Bakti Sosial Bersihkan Aliran Sungai karena Penumpukan Sampah

Bakti sosial

Kilasriau.com - Bertempat paret 2 Darat Pulau Kijang Kecamatan Reteh ratusan masyarakat melaksanakan bakti sosial memberersihkan aliran sungai akibat pembuangan sampah. Sabtu, (12/10/2019).

Yang tergabung dalam bakti sosial tersebut ialah Lurah Pulau Kijang, Kapolsek Reteh, Sekcam Reteh, RT/RW, Saka Bahayakara, Pemuda Pancasila, Alumni Pengeret Bendera Reteh, PHBI, DDI, SMAN 1 Reteh, Al-husniyah, dan Masyarakat paret 2 darata.

"Sekitar 200 orang yang turun hari ini untuk sama-sama membersihkan aliran sungai yang tertumpuk oleh sampah," kata Nahrawi saat di konfirmasi melalui via Wa.

Tujuan dari pelaksanaan bakti sosial hari ini tidak lain untuk sama-sama memunculkan tingkat kesadaran kita agar tidak membuang sampah di sungsi maupun di tempat sembarangan.

"Untuk membersihkan sampah yang menumpuk di sungai yang disebabkan oleh masyarakat yang membuang sampah sembarangan. maka kita perlu menimbulkan rasa kepedulian yang tinggi serata lebih mementingkan  kepentingan  bersama dan orang banyak," ujarnya.

Nahrawi berharap kita melalui gerakan ini dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian dari masyarakat supaya tidak membuang sampah di sungai. Dan kita berharap ada follow up dari pemerintah untuk membuat plank pelarangan membuang sampah di
jembatan dan juga adanya upaya kedepan untuk menyiapkan TPS dan TPA yang dikelola secara berkelanjutan

Kemudian dari itu, Tokoh pemuda Kecamatan Reteh Ase mengatakan bahwa pelaksanaan bakti sosial ini bergerak atas bentuk kepedulian untuk menjaga aliran sungai.

"Ya, pada hari ini kita turun untuk memberikan aliran sungai yang di akibatkan tertumpuknya sampampa-sampah rumah tangga, botol-botol bekas, plastik, dan macam-macam lainnya," kata Ase.

Ase mengungkapkan bahwa awal penumpukan sampah ini berawal dari pembuangan sampah dari yang di lakukan oleh masyarakat yang terus menerus sehingga terjadilah penumpukan tersebut.

"Saya berharap adanya tindak lanjut dari profopincam untuk menyikapi mengenai pembuangan sampah ini serat dapat menyediakan tempat sampah agar masyarakat tidak kembali membuang sampah di sungai," harapnya.

Selanjutnya masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan mudah-mudahan kegiatan bakti sosial ini akan terus berlanjut dan tidak hanya sampai disini saja.

"Dengan pelaksanaan ini dapat menimbulkan tingkat kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan apa lagi di aliran sungai," katanya.

Beliau juga berharap ini bisa dimasukkan dalam agenda program kerja Kecamatan Reteh untuk pengadaan tempat pembuangan sampah agar masyarakat tidak kembali membuang sampah sembarangan.






Tulis Komentar