Djonieri ; Ketua Ika Unri Jabodetabek 'Dicari Sekda Riau Berpengalaman'

Kilasriau.com - Isu yang saat ini viral di Riau adalah adanya beberapa kandidat yang di gendor-gedorkan akan mengisi salah jabatan yang strategis di provinsi Riau. 

Mendengar akan hal itu salah satu universitas yang ternama di Pekanbaru angkat bicara terkait hal tersebut. 

Menurut Djonieri yang juga Ketua IKA Unri Jabodetabek ini, Gubernur Riau memerlukan seorang Sekda yang yang menonjol dan punya karir yang hebat selama menjadi birokrat. 

Djonieri saat di wawancarai oleh awak media terkait persoalan pemilihan calon Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang sedang berlangsung, mengharapkan Gubernur Riau dapat nantinya memilih sosok yang terbaik dari tiga calon Sekda yang ada saat ini: Yan Prana, Asrizal, dan Said Syarifudin, Jakarta, 8 oktober 2019. 

"Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tour of duty yang dimiliki oleh masing-masing kandidat. Seorang Sekda merupakan tangan kanan bagi Gubernur dalam mengeksekusi visi dan misi yang disampaikan pada saat kampanye lalu," kata Djonieri. 

Djonieri juga menjelaskan bahwa salah satu misi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar dan Edy Natar Nasution, pada saat kontestasi pemilihan Gubernur adalah mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif, mandiri, dan berdaya saing. 

"Misi ini sangat bagus dan bila dapat diwujudkan akan lebih bagus lagi, Untuk mewujudkan misi tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur harus memilih Sekda yang punya track record dan kinerja yang bagus, baik dari sisi leadership maupun sisi hard skill," jelas Djonieri. 

Berangkat dari track record tadi, awak media mencoba mencari informasi tentang pengalaman masing-masing kandidat selama menjadi birokrat.

Pertama, Yan Prana. Yan Prana pernah bertugas di Kabupaten Bengkalis dan Siak. Saat ini Yan menjabat sebagai Kepala BPKAD. Dan sebelumnya Kepala Bappeda Siak.

Kandidat kedua, Asrizal. Asrizal pernah menjabat sebagai Kepala BKD Provinsi Riau dan sekarang menjadi Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau. Dari track record tersebut, Asrizal menduduki jabatan di tingkat Provinsi.

Dan Kandidat ketiga, Said Syarifuddin. Saat ini Said menjabat sebagai Sekda Inhil. Di Inhil, Said pernah menjabat Kepala Bagian Ekonomi, Kadispenda, Kepala Bappeda. Sedangkan untuk level Provinsi, Said pernah menjabat sebagai Kepala Biro Ekbang, Wakadis Perrindag, Wakadishub, dan Kepala Dinas Pariwisata. Said pernah menjadi pejabat, baik di Provinsi maupun di Kabupaten.

"Dari gambaran track record tersebut, Gubernur dapat memilih Sekda yang akan dapat membantu beliau dalam mewujudkan Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat, dan unggul di Indonesia, sebagaimana yang dicanangkan dalam visi beliau saat pemilihan Gubernur." ungkapnya. 

"Gubernur Riau sudah harus membudayakan pentingnya kualitas dalam memilih pejabat. Pengangkatan pejabat daerah haruslah yang mempunyai track record kinerja yang bagus. Sehingga visi dan misi yang disampaikan oleh Gubernur pada saat kampanye dapat diwujudkan oleh para pembantunya di lapangan, terutama tangan kanan Gubernur, yaitu Sekda Provinsi. Dengan adanya budaya memilih berdasarkan track record kinerja tersebut, akan menjadi barometer dalam pemilihan pejabat-pejabat Riau yang lain." tutupnya.






Tulis Komentar