BMKG Menyatakan Hari Ini Riau Akan Diguyur Hujan

Ilustrasi

KILASARIAU.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pagi hingga siang hari sebagian wilayah di provinsi Riau akan diguyur hujan, termasuk Pekanbaru.

"Pagi ini memang ada potensi hujan mengguyur Pekanbaru dan beberapa wilayah lainnya. Kondisi ini diprakirakan terjadi hingga siang nsnti," ujar Prakirawan BMKG Agus Ahmad Widodo, Rabu (26/9/2019).

Ia mengatakan, hujan yang berpotensi mengguyur sebagian Riau memiliki intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir.

"Hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Pelalawan, Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pasca diguyur hujan lebat, kabut asap sejumlah daerah di Riau berkurang, termasuk di Kota Pekanbaru. Udara semakin bersih dan jarak pandang semakin membaik.

"Alhamdulillah tadi malam hujan deras. Pagi tadi sengaja jalan-jalan untuk menghirup udara yang sudah semakin mendingan dibanding kemarin. Pagi tadi langsung joging," ujar Ivan, Warga Panam.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki, mengatakan hari ini jarak pandang di Pekanbaru memang semakin membaik akibat hujan yang mengguyur Pekanbaru.

"Jarak pandang semakin membaik. Pagi ini jarak pandang 1.500 Meter," ujar Marzuki.

Ia mengatakan jarak pandang yang hanya 1.500 Meter ini disebabkan oleh mist. "Mist adalah kabut tetapi lebih tipis karena embun. Jadi basah bukan seperti asap yang kering," jelasnya.

Disampaikan Marzuki, untuk daerah lain jarak pandang juga semakin membaik.

"Yang masih pendek jarak pandangnya adalah Dumai yakni hanya 1.000 Meter dan ini disebabkan oleh asap. Selanjutnya Pelalawan jarak pandangnya 2.000 Meter dan Inhu 3.000 Meter. Namun memang bukan disebabkan asap lagi," pungkasnya.






Tulis Komentar