Statemen Polri Soal Langit Biru Melukai Hati Warga Pekanbaru

Kota Pekanbaru terlihat diselimuti kabut asap pekat akibat karhutla

KILASARIAU.com - Warga Pekanbaru sangat menyayangkan statemen dari Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal yang menyatakan bahwa kondisi asap di Pekanbaru sudah baik dan langit sudah berwarna biru.

Bahkan dalam pemberitaan di media massa, dirinya menyatakan masyarakat sudah melakukan aktivitas seperti biasa dan anak-anak juga sudah bersekolah.

Padahal pada kenyataannya, kabut asap di Pekanbaru masih sangat pekat. Langit tampak putih pekat. Bau kebakaran sangat tajam menusuk hidung. Bahkan hari ini saja matahari tampak merah.

"Tentu sangat kita sayangkan, bagaimana bisa dia menyatakan kondisi Pekanbaru langitnya sudah biru. Astagfirullah, hanya bisa mengelus dada," ujar Mimi warga Pekanbaru, Jumat (20/9/2019).

Ia juga mengaku heran, di tengah kabut asap yang pekat seperti ini, bisa muncul statemen seperti ini dari pusat.

"Tentu sangat melukai hati masyarakat. Kok tega ya dia bicara seperti itu, sangat miris. Tidak punya perasaan. Padahal sudah berapa banyak orang mengungsi akibat asap ini. Berapa ribu orang kena ISPA, kok bisa dibilang sudah clear," Cakapnya.

Hal senada disampaikan Diana. Warga Jalan Sudirman ini mengatakan dirinya sempat kaget ada berita yang saat ini banyak menyebar di jejaring sosial tersebut.

"Tadi abis baca berita langsung lihat langit. Entah daerah mana yang langitnya biru pun ndak tau kita. Ada-ada," ujarnya.

Ia mengatakan seharusnya sebelum memberikan statemen, harus memikirkan perasaan dan hati masyarakat Riau yang saat ini dilanda bencana asap.

"Maksudnya apa pun kita nggak tahu. Malah yang saya baca katanya anak-anak juga sekolah, padahal nyatanya udah lama anak-anak diliburkan gara-gara asap. Kadang entahlah," pungkasnya.

Diberitakan sejumlah media nasional, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan, kondisi asap di Pekanbaru, Riau tidak seperti diberitakan media massa. Saat ini, kondisi asap di Pekanbaru sudah baik setelah dilakukan penanganan.

Hal itu kata Iqbal berdasarkan pemantauannya langsung di Pekanbaru, Riau saat mendampingi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian ke lokasi asap.

"Di sana situasi sebenarnya di Pekanbaru dan sekitarnya, setelah pukul 11.12 WIB semua clear langit biru nampak, artinya tidak seutuhnya benar apa yang disampaikan media," kata Iqbal di Mabes Polri, Jumat (20/9/2019).

Iqbal mengatakan, masyarakat pun sudah bisa leluasa beraktivitas seperti biasanya. Anak-anak yang sebelumnya diliburkan kini sudah kembali ke sekolah.

"Seluruh masyarakat beraktivitas seperti biasa yang sekolah, yang beribadah berekonomi, bahkan sampai malam keluar di taman-taman banyak ramai. Jadi tidak seutuhnya benar bahwa asap itu sangat darurat disitu di Pekanbaru," pungkasnya.






Tulis Komentar