Jarak Pandang di Riau Menurun

Kabut asap menyelimuti Kota Pekanbaru.

KILASARIAU.com - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau tak hanya mengancam kesehatan, tapi juga menyebabkan jarak pandang menurun. Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan, hari ini ada 4 wilayah di Riau yang diselimuti kabut asap.

Keempat daerah itu adalah Pekanbaru, Indragiri Hulu (Inhu), Dumai dan Pelalawan.

"Jarak di Kota Pekanbaru sempat menurun jadi 1,5 kilometer. Sementara di Pelalawan 2 kilometer, Dumai dan Inhu 4 kilometer," ujar Marzuki, Sabtu (7/9/2019).

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 154 titik panas terdeteksi di Riau. Titik panan tersebut tersebar di 8 wilayah, yakni Bengkalis 3 titik, Kepulauan Meranti 6 titik, Kampar 2 titik dan Kuantan Singingi 5 titik. Sementara di Pelalawan 60 titik, Rokan Hilir 2 titik, Indragiri Hilir 34 titik dan Indragiri Hulu 42 titik.

Dari jumlah tersebut, 97 titik diantaranya dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan, karena memiliki level confidence di atas 70 persen.

Adapun 97 titik api tersebut tersebar di Pelalawan 45 titik, Indragiri Hilir 19 titik, Indragiri Hulu 25 titik dan Kuantan Singingi 1 titik. Sedangkan di Kepulauan Meranti ada 3 titik, Rokan Hilir 2 titik dan Bengkalis 2 titik.






Tulis Komentar