Jumlah Hotspot di Riau Mencapai 150 Titik

Heli BNPB melakukan waterboombing di lahan terbakar

KILASARIAU.com - Jumlah titik panas (hotspot) di Provinsi Riau kembali meningkat tajam. Senin (2/9/2019) jumlah hotspot di Riau mencapai 150 titik.

Dari jumlah itu, 107 diantaranya diyakini sebagai titik api akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah Kabupaten dan Kota di Riau.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki mengatakan, dari pantauan satelit, setidaknya terdeteksi 358 titik panas di Sumatera, sebagian besar berada di Riau.

"Ya, pantauan satelit terdapat 358 hotspot di sumatera, 150 titik ada di Riau. Dimana 107 titik memiliki confidance diatas 70 persen, diyakini sebagai titik api,"ungkap Marzuki.

Dipaparkan Marzuki, titik panas ini tersebar di 9 Kabupaten dan Kota, dimana hotspot terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir dengan 49 titik, Pelalawan 30 titik, Bengkalis 25 titik, Meranti 16 titik, Indragiri Hulu 13 titik, Indragiri Hilir 13 titik, Kampar 2 titik dan Kuansing 1 titik.

Ditambahkan Marzuki, kondisi yang hampir sama juga terjadi di beberapa.Provinsi tetangga seperti Provinsi Jambi dimana terdeteksi 103 titik panas dan Sumatera Selatan 67 titik.






Tulis Komentar