Gubri Instruksikan Bupati/Walikota Liburkan Sekolah Bila Mana Kabut Asap Tebal

Gubernur Riau Syamsuar

KILASARIAU.com - Meski kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau menyelimuti beberapa wilayah namun Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar belum mengeluarkan imbauan untuk meliburkan segala aktivitas di sekolah.

"Jadi sekarang belum ada kita meliburkan anak sekolah di Provinsi Riau," kata Gubri Syamsuar, Senin (26/8/2019).

Belum ada kebijakan libur sekolah karena menurutnya saat ini kondisi udara di Riau masih fluktuasi. Artinya terkadang pada pagi hari udara tidak sehat, namun pada siang udara kembali normal.

"Ini juga perlu kami sampaikan kepada masyarakat Riau, sekarang kondisi udara masih fluktuasi, pagi kabut asap ada sebentar, nanti siang sudah kategori sedang," ujarya.

Gubri juga mengaku sudah mengarahkan kepada bupati/walikota terkait kabut asap, dimana kepala daerah bisa membuat kebijakan meliburkan sekolah karena stuasi masing-masing daerah berbeda-beda.

"Hari ini saya cek, semua daerah belum ada melakukan libur sekolah. Tapi kita sudah berikan semacam gambaran, kalau terjadi di satu kabupaten kabut asap tebal dan membahayakan kesehatan, harapan kami mungkin anak-anak bisa diliburkan sekolah," paparnya.

"Karena itu tadi, pagi kabut asap tebal siang hilang lagi. Seperti sekarang sudah bagus lagi cuaca," sambungnya.

Disamping itu, Gubernur Riau mengaku sudah mengeluarkan imbauan kepada Dinas Pendidikan untuk mengurangi kegiatan sekolah di luar ruangan seperti olahraga dan lainnya.

"Termasuk kegiatan senam saat car free day yang menggunakan halaman kantor gubernur untuk senam saya larang, karena udara tidak baik jangan lah melakukan senam ataupun jalan kaki dan sebagainya," tukasnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah mengingat kabut asap bisa tidak baik bagi kesehatan.






Tulis Komentar