Perekonomian Riau Tumbuh 2,80% di Triwulan II

KILASARIAU.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat triwulan II tahun 2019 perekonomian Provinsi Riau tumbuh sebesar 2,80 persen. Angka ini lebih baik dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya sebesar 2,34 persen.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Riau Agus Nuwibowo, Selasa (6/8/2019). Ia mengatakan pendorong tumbuhnya ekonomi Riau di triwulan II ini diantaranya dari konsumsi masyarakat selama momen libur Lebaran dan cuti bersama.

"Pendorong tumbuhnya ekonomi Riau berasal dari semua kelompok lapangan usaha, kecuali dari sektor pertambangan dan penggalian dan jasa keuangan dan asuransi," ujar Agus.

Ia mengatakan pertumbuhan paling tinggi dicapai dari lapangan usaha pengadaan listrik dan gas yang tumbuh 17,43 persen.

"Dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga yang tumbuh sebesar 29,38 persen," Cakapnya.

Sementara itu bila dilihat secara triwulan atau dari kuartal pertama 2019, ekonomi Riau mengalami pertumbuhan sebesar 0,87 persen terhadap triwulan I tahun 2019.

Dari sisi produksi peningkatan terjadi terutama pada kategori perdagangan besar dan eceran, erat kaitannya dengan momen Lebaran dan libur bersama yang jatuh di triwulan II tahun 2019.

"Selama triwulan II tahun 2019 Provinsi Riau memberikan kontribusi sebesar 4,75 persen terhadap ekonomi nasional," pungkasnya.






Tulis Komentar