Pemerintah Desa dan Mahasiswa KKN UNISI Melaksanakan Pelatihan VCO

KILASARIAU.com - Pemerintahan Desa Bagan Jaya bekerja sama dengan  Mahasiswa KKN UNISI Tembilahan mengadakan pelatihan produk turunan kelapa kepada puluhan masyarakat Desa Bagan Jaya Kecamatan Enok, Selasa, (30/07/2019). 

Pelatihan yang di adakan di Aula Desa Bagan Jaya Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut dapat menambah Income Rumah Tangga. 

Peserta yang mengikuti dalam pelatihan ini ialah berasal dari ibu rumah tangga, petani kelapa, guru sekolah serta para utusan mahasiswa. 

Pelatihan terhadap produk turunan kelapa tersebut turut menghadirkan narasumber dari CV.Amarta1). Narsum Setya Tuhu yang bergerak dan memproduksi Kopra Putih yang saat ini menjadi salah satu alternatif pruduk turunan kelapa yang memiliki nilai jual tinggi,  2). Pihak Swasta Budi yang bergerak dalam keripik kelapa, dan yang  3). Yunani anggota perangkat Desa Bagan Jaya, yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dipusat Balai pelatihan yang ada di Jepara, berupa olahan makanan keripik yang berbahan dasar kelapa. Dan tata cara pembuatan minyak kelapa murni yang biasa disebut VIRGIN COCONUT OIL (VCO).

Kepala Desa Bagan Jaya Mohammad Hafif mengatakan pelatihan ini merupakan bentuk dukungan Bupati Inhil, yang mana saat ini fokus kepada peningkatan ekonomi kerakyatan dan pemanfaatan turun kelapa. 

"Pelatihan ini merupakan bentuk dukungan pemerintahan desa, atas program unggulan bupati Inhil HM Wardan yang saat ini fokus pada peningkatan ekonomi kerakyatan dan pemanfaatan produk turunan kelapa didaerah pedesaaan," kata Mohammad Hafif Kepala Desa Bagan Jaya, Selasa, (30/07/2019). 

Hafif juga menambahkan "pelatihan tersebut nantinya diharapkan dapat menjadi bekal masyarakat dalam menambah pendapatan keluarga. saat ini ada 3 produk unggulan yang sedang dikembangkan oleh pemerintahan Desa Bagan Jaya melalui BUMDES, yakni Koperasi Putih , Keripik Kelapa dan VIRGIN COCONUT OIL (VCO), "tutupnya. 

Selanjutnya Salah seorang Narasumber yang juga merupakan pimpinan CV. Amarta, mengapresiasi Kegiatan yang dilaksakan oleh Pemerintahan Desa Bagan Jaya yang berkejasama dengan pihak Akademisi , dalam memberikan pelatihan produk-produk turunan kelapa kepada masyarakat.

"Saya mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Bagan Jaya Kecamatan Enok dan pihak Akademisi yang mana membuat suatu pelatihan produk turunan kelapa," kata Setya Tuhu yang salah satu narasumber. 

"Dengan adanya pelatihan seperti ini diharapkan mampu membantu masyarakat dalam peningkatan taraf perekonomian keluarga," tutup Setya.

Para peserta pelatihan tampak antusias mengikuti tahapan-tahapan yang diberikan oleh Narasumber, terutama pada pembuatan VCO dan pembuatan keripik kelapa yang merupakan inovasi baru yang dimiliki oleh desa Bagan jaya setelah mengirim salah satu utusan perangkat desanya mengikuti pelatihan di balai pelatihan Jepara.






Tulis Komentar