Riau Ada Berencana Terapkan Tes Narkoba Bagi Calon Pengantin

Riau Belum Berencana Terapkan Tes Narkoba Bagi Calon Pengantin

KILASRIAU.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau belum ada rencana mengikuti langkah Kementerian Agama Jawa Timur yang mensyaratkan kepada pasangan pengantin untuk melakukan tes narkoba sebelum menikah.

"Kalau itu (tes urine calon pengantin) belum ada kita. Kalau yang untuk pegawai ada, tunggu saja waktunya," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Senin (22/7/2019).

Ditanya langkah kongkrit Pemprov Riau mengatasi masalah narkoba di Riau, mengingat Riau masuk 5 besar peredaran narkoba di Indonesia.

"Kalau untuk narkoba kan sudah dibentuk tim oleh Pemprov Riau bersama seluruh stakeholder seperti BNN, Polri, tokoh agama dan masyarakat," tukasnya.

Sementara itu meski di Riau belum ada berencana melakukan tes urine bagi calon pengantin, DPRD Riau justru mendukung hal tersebut.

Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar menyambut baik wacana adanya syarat tes urin bagi pasangan yang hendak menikah.

Hal ini dikatakan Asri karena antisipasi narkoba haruslah dilakukan secara menyeluruh, apalagi Riau sendiri merupakan 5 besar peredaran narkoba di Indonesia.

"Saya sangat setuju, karena narkoba ini bahaya sekali. Jika suaminya pemakai narkoba, keturuannya juga pasti akan menularkan kepada orang lain, sampai keturunannya," kata Asri.

Ia mengatakan, langkah-langkah pencegahan tersebut merupakan sesuatu yang baik dan didukung.

"Efeknya akan jangka panjang. Harus diantisipasi dari lubang-lubang kecil semacam ini," tukasnya.






Tulis Komentar