Bincang Santai Dengan beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan negara G20

Presiden Jokowi sempat berbincang bersama beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan negara G20.

KILASRIAU.com - Setibanya di Osaka, Jepang Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengikuti sejumlah agenda dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Jumat (28/6/2019).

Agenda di hari pertama tersebut di antaranya official welcome dan juga family photo yang digelar di INTEX Osaka.

Menurut keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin sembari menunggu agenda dimulai, Presiden Jokowi yang berada di ruang Leaders Area sempat berbincang bersama beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan negara G20 pun pimpinan lembaga internasional dalam suasana yang akrab.

Beberapa pemimpin negara dunia yang menyempatkan diri berbincang dengan Presiden Jokowi di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

Menariknya, Presiden Trump sempat memberikan permen kepada Jokowi saat berbincang santai.

Untuk diketahui, sebelum bertolak ke Jepang, Jokowi mengemukakan ada dua topik yang akan diangkat dalam forum pimpinan negara G20 yaitu, terkait inovasi ekonomi digital dan upaya mengurangi kesenjangan.

"Saya akan berangkat dengan Bu Iriana untuk menghadiri KTT G20 di Osaka. Saya akan bicara dua hal pertama berkaitan dengan inovasi digital ekonomi dan atasi kesenjangan," ujar Jokowi dalam jumpa pers yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di Base Ops Lanud Halim Perdamakusumah, Jakarta, Jumat (27/6/2019) malam.

Nantinya saat menghadiri KTT G20, Jokowi akan menyinggung terkait situasi perekonomian dunia terkini.

"Saya ingin ingatkan pada kolega kita yang hadir, baik perdana menteri, presiden, raja dengan G20 terkait situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian dan isu perang dagang. Saya harap negara-negara G20, bisa menunjukkan kearifan sehingga situasi yang ada jadi lebih baik untuk kita semua," ucap dia.






Tulis Komentar