Sidang Perdana Sengketa Pilpres di Puji Mantan Hakim MK

Foto: Eks hakim MK Muhammad Laica Marzuki

KILASRIAU.com - Eks Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2003-2008, Muhammad Laica Marzuki, mengapreasiasi jalannya sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi. Ia menilai sidang berlangsung tertib.

"Saya melihat prosesnya berjalan lancar, majelis hakim konstitusi memberikan kesempatan kepada semua pihak pemohon, termohon KPU, dan terkait," kata Laica di kediamannya di Jl Yosef Latumahina, Makassar, Jumat (14/6/2019).

"Sesuai pengalaman saya, kita itu berpegang ke posisi kuasa kehakiman yang merdeka tidak boleh diintervensi, tidak boleh takut," tutur Laica.
Laica mengajak semua pihak mempercayakan dan menghormati apa pun keputusan MK. Ia mengingatkan soal kehidupan demokrasi.

"Artinya, marilah kita serahkan perkara ini kepada MK, mari kita berikan kepercayaan kepada MK dan bagaimana keputusannya kelak," ujarnya.

"Yang saya harapkan kalau siapa yang dinyatakan pemenang dia menjadi pemenang yang baik kalau dia kalah dia mejadi kalah yang baik, itulah hakikat demokrasi," lanjut Laica.

Selain itu, ia juga memberikan semangat kepada para hakim MK. Laica mengatakan hakim MK tidak boleh takut.
 


Sebagaimana diketahui, MK tengah menangani sengketa hasil Pilpres 2019. Sidang perdana sudah selesai digelar Jumat (14/6).






Tulis Komentar