Diprediksi Dolar AS Tahun Depan Rp 13.900-14.300

Dolar AS/Foto: Grandyos Zafna

KILASRIAU.com - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah tahun depan diprediksi berada di kisaran Rp 13.900-14.300. Perkiraan pergerakan mata uang Paman Sam tahun depan mempertimbangkan beberapa hal.

"Dengan berbagai perkembangan tersebut kami memperkirakan bahwa rata-rata nilai tukar rupiah pada tahun 2020 akan berada pada kisaran Rp 13.900 sampai dengan Rp14.300 dolar Amerika Serikat," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/6/2019) malam.

Pertumbuhan ekonomi dunia di tahun depan diperkirakan membaik ke level 3,4% karena arah kebijakan moneter bank sentral dan perdagangan internasional yang membaik. Volume perdagangan dunia ke depan diperkirakan membaik dengan peningkatan tipis 0,1%.

Kinerja ekspor Indonesia juga diperkirakan membaik seiring meningkatnya proyeksi ekonomi dunia dan peningkatan harga komoditas.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 diperkirakan berada di level 5,1-5,5%. Ekonomi Indonesia masih akan didominasi konsumsi dan investasi.

"Prospek ini ditopang oleh permintaan domestik yang meningkat dan kinerja sektor eksternal yang mulai membaik dari sisi permintaan domestik. Konsumsi diperkirakan tumbuh tetap tinggi dan investasi diperkirakan akan tumbuh meningkat," tuturnya.
 


"Prospek ekonomi domestik yang membaik juga ditopang oleh perbaikan efisiensi dan produktivitas perekonomian yang sejalan dengan dampak positif dari berbagai kebijakan reformasi struktural yang ditempuh pemerintah, baik di infrastruktur, perbaikan iklim investasi maupun di sektor-sektor yang lain," katanya. 






Tulis Komentar