Masyarakt Pulau Kijang Meriakan Takbiran Idul Fitri 1440 H

KILASRIAU.com, Pulau Kijang -- Seluruh Warga Tanah Tanah Kecamatan Reteh, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menggelar takbir keliling dengan sejumlah pesrta yang terbagi dua kata gori yaitu, Tingkat Pelajar Dan Mussala mengikuti pawai Takbiran di malam Idul Fitri 2019, Selasa (04/06/2019). 

Antusiasme warga seolah merespons baik dengan acara yang dilaksanakan di depan Masjid Jami' Jalan Riau, Pulau Kijang Kecamatan Reteh.

Alat musik tabuh seperti drum, beduk maasjid, hingga benda-benda yang bisa menimbulkan bunyi ketika ditabuh, yang sudah di hiasi oleh berbagai aneka karya seni dari sejumlah peserta, Para warga seolah mengabaikan keselamatan berkeliling.

Pantauan KILASRIAU.com, sepanjang ruas Jalan Masjid Jami' Jalan Riau, Pulau Kijang Kecamatan Reteh penuh dengan rombongan peserta warga yang siap melakukan pawai takbiran.

Sebelum konvoi dan keliling bersama, bunyi beduk, petasan, maupun kembang api menjadi pemandangan umum di titik awal pemberangkatan. Warga yang berkumpul para merupakan warga Kecamatan Reteh yang didominasi oleh orang tua, anak-anak dan remaja.

Muslim selaku ketua pelaksana PHBI Kecamatan Reteh, mengatakan bahwa takbir terselenggaranya acara ini tidak terlepas dari suport bapak -bapak dan ibu - ibu semuanya, serta para donatur yang sudah memberikan pendanaan.

"Acara pawai takbiran bisa terlaksana atas kerja sama semua pihak dan suport bapak -bapak, ibu - ibu serta donatur yang sudi membantu dalam mensukseskan acara malam ini" kata Muslim, Selasa (04/06/2019)

Aksi pawai akan dimulai setelah badda salat Isya, sekitar pukul 20.00 sampai sengan selesai. Rute yang akan dilewati oleh peserta pawai takbiran dengan rute satar di depan Masjid Jami' Jalan Riau, Jalan Pahlawan, Jalan Utama, Jalan Indra Giri, kemudian kembali ke finis di Jalan Riau.

Ramli menjelaskan siatem penilaian kepada seluruh peserta sebelum pawai di laksanakan kepada peserta pawai akbar yang di mana ada beberapa kata gori

1. Lagu 
   ?Fokal, suara jernih, besar
   ?Irama Lagu
   ?Fariasi Lagu

2. Tajwid, Mahrajad, Huruf
   ?Sifatul huruf, Ah kamul huruf, Ah          kamul Mad dan Fasaha wakal- huruf

3. Dekorasi
   ?Keseragaman Pakaian
   ?Kerapian dan keindahan dekorasi
   ?Kekompakan sahutan takbir dan       julah bilangan takbir

Acara pawai takbir ini di resmikan langsung Kecamatan Reteh yang di waki oleh Seketaris Kecamatan Arbani S.Pd






Tulis Komentar