Kemendag Klaim Harga Bawang Putih Saat Ini Rp 40 Ribu per Kg

Ilustrasi

KILASRIAU.com -- Kementrian Perdagangan menyebut harga bawang putih turun cukup kentara, setelah melonjak tajam pada awal ramadan yang menyentuh Rp80 ribu per kilogram (Kg). Saat ini, harga bawang putih diklaim turun 50 persen.

Inspektur Jenderal Kemendag Srie Agustina mengatakan harga bawang putih menyentuh Rp40 ribu per Kg. Sedangkan bawang putih cutting turun ke harga Rp50 ribu per Kg dari harga sebelumnya, yakni Rp100 ribu per Kg. 

Berdasarkan pantauan di Pasar Minggu dan Pasar Jatinegara, harga bawang putih jenis honan dijual Rp40 ribu per kg kepada konsumen. Sedangkan harga bawang putih sebesar Rp50 ribu per kg. 

"Menurut saya (harga bawang putih honan) signifikan turun, bayangin dari Rp80 ribu per kg langsung turun Rp50 ribu, lalu Rp40 ribu. Itu kan turunnya signifikan sekali menurut saya," katanya, Rabu (29/5). 

Ia mengatakan penurunan harga bawang putih terjadi sejak pekan lalu usai dilakukan operasi pasar. 
Namun, ia bilang masih ada beberapa pedagang bawang putih jenis honan yang menjual di harga Rp42 ribu. Sebab, pedagang tersebut masih menggunakan campuran pasokan bawang putih lama dengan harga yang lebih tinggi. Tetapi, ia meyakini harga tersebut akan berangsur turun. 

Kendati demikian, harga tersebut masih lebih tinggi dari harga Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah untuk komoditas bawang putih. HET bawang puting honan atau sico ditetapkan Rp32 ribu pada tingkat konsumen di pasar tradisional dan sebesar Rp35 ribu di pasar ritel modern. 

"Tentu saja kami berharap harga ini akan terus turun sampai dengan harga yang layak dan wajar, yaitu Rp32 ribu di pasar rakyat dan Rp35 ribu di pasar modern," imbuh dia. 

Menurut Srie, penurunan harga bawang putih disebabkan pasokan bawang putih impor yang digelontorkan ke pasar melalui Operasi Pasar (OP) sejak awal ramadan. Di Pasar Minggu, misalnya, pemerintah telah mengguyur bawang putih sebanyak 3,6 ton sejak awal Ramadan. 

Ia menyebut pemerintah akan terus menggelontorkan bawang putih ke pasar hingga harganya stabil di level HET. 

"Intinya berapa pun kebutuhan pasar itu akan dipasok sampai dengan lebaran," jelas Srie. 

Hal tersebut diamini oleh pedagang bawang putih. Amsori (56 tahun), pedagang bawang putih di Pasar Jatinegara, mengungkapkan harga bawang putih baik jenis honan maupun cutting. 

"Bawang putih honan dijual Rp40 per kg, kami belinya di agen Rp33 ribum Kalau cutting jualnya Rp45 per kg kami belinya Rp38 per kg," jelasnya. 


"Sudah turun cepat ini (turunnya) dari seminggu yang lalu. Tingginya pas awal puasa sampai Rp80 ribu untuk cutting, kalau bawang putih banci (honan) pas naik sampai Rp60 ribu," paparnya. 

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) harga bawang putih ukuran sedang dibanderol Rp42.050 per kg, naik 3,57 persen atau Rp1.450 pada hari ini.






Tulis Komentar