Waooo! Gara-Gara Seekor Burung, Lapangan Sepak Bola di AS Ditutup

Burung killdeer - (Pixabay/Bev_E)

KILASRIAU.com - Seekor burung membuat pemerintah kota menutup sebuah lapangan sepak bola. Peristiwa unik itu terjadi di Teaneck, New Jersey, Amerika Serikat.

Burung migran kecil itu, dikutip Suara.com dari NorthJersey.com, Rabu (15/5/2019), telah menemukan tempat yang tidak biasa untuk membuat sarang, yakni di lapangan sepak bola rumput sintetis di Votee Park, taman paling ramai di Teaneck.

Killdeer, burung coklat dengan loreng putih dan hitam tersebut, bertelur sekitar dua minggu yang lalu di sebidang rumput sintetis di Votee Park. Meskipun bukan spesies yang terancam, burung killdeer dilindungi di bawah Undang-Undang Perjanjian Migrasi Burung Amerika dan Undang-Undang Konvensi Migrasi Burung Kanada.

Ketika ditemukan telur berbintik-bintik putih dan coklat, sejumlah pekerja di Teaneck langsung meminta petunjuk dari pejabat negara bagian New Jersey. Mereka kemudian diberi tahu bahwa izin untuk memindahkan sarang burung killdeer baru akan bisa didapatkan setelah beberapa bulan.

"Kami pikir, mari kita mengakomodasi situasi kecil ini," kata Anggota Dewan Jim Dunleavy. "Seluruh tim telah diberitahu bahwa mereka harus menjauh dari lapangan sepak bola sampai alam menyelesaikan urusannya."

Karyawan Departemen Pekerjaan Umum pun telah menutup area di sekitar sarang hingga sekitar 9 meter menggunakan kerucut dan pita kuning sampai telur burung menetas dan anak-anaknya, yang dikenal dengan sebutan killfawn, meninggalkan sarang. Proses tersebut bisa memakan waktu satu hingga dua bulan.

"Bagian lapangan itu ditutup sampai burung-burung pergi," terang Wakil ketua Dewan Penasihat Taman Kota, Taman Bermain, dan Rekreasi George Reskakis.

"Ini hal kecil yang lucu. Saya pikir cukup keren Teaneck menghormati status burung yang dilindungi dan tidak membiarkan orang bermain sepak bola di sana," tambahnya.






Tulis Komentar