Warga Panik, Gempa M 4,1 Terjadi di Paser Kaltim

Ilustrasi gempa bumi

KILASRIAU.com - Gempa bumi bermagnitudo 4,1 terjadi di Longkali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Gempa dirasakan hingga Kepala Telake, Batu Sopang, dan Bongan.

"Hari Minggu, 19 Mei 2019, pukul 20.13.07 WIB, wilayah Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini berkekuatan M 4,1," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, Senin (20/5/2019). 

"Episenter gempa terletak pada koordinat 1,10 LS dan 115,83 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km arah utara Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, pada kedalaman hiposenter dangkal 10 Km," ujarnya. 
Gempa terjadi pada koordinat 1,10 Lintang Selatan dan 115,83 Bujur Timur. Daryono mengatakan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini termasuk jenis gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake.


Daryono mengatakan, gempa sempat membuat warga panik. Gempa yang terjadi di Longkali ini juga dirasakan dalam skala II di Kepala Telake, Batu Sopang, dan Bongan.

"Berdasarkan laporan masyarakat, gempa ini dirasakan di beberapa tempat seperti di Kepala Telake, Batu Sopang, Bongan dalam skala intensitas III MMI, dan Longkali dalam skala intensitas II MMI. Artinya, guncangan gempa dirasakan oleh orang banyak dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Beberapa warga sempat keluar rumah akibat terkejut dan panik karena merasakan guncangan gempa yang berlangsung secara tiba-tiba," jelas Daryono.
 

Menurut Daryono, hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kerusakan akibat gempa. Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kepada masyarakat Long Kali, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

"Wilayah Kabupaten Paser adalah kawasan yang paling sering terjadi gempa di Provinsi Kalimantan Timur. Data katalog gempa BMKG mencatat di wilayah ini sudah terjadi gempa sebanyak 10 kali dengan magnitudo kurang dari M 5,0. Hal ini wajar mengingat di wilayah Kabupaten Paser ini merupakan kawasan perlintasan jalur Sesar Adang/Paternoster yang berarah tenggara-barat laut. Sesar ini dari Kalimantan menerus ke arah timur menyeberang Selat Makassar hingga Sulawesi Barat," imbuh Daryono.






Tulis Komentar